Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Alasan Orangtua Perlu Temani Anak Belajar

KOMPAS.com - Memasuki masa ujian muncul banyak pertanyaan, apakah orangtua perlu mendampingi anak dalam belajar?

Tidak banyak orantua memiliki perhatian khusus untuk mendampingi anak dalam belajar, termasuk dalam saat menghadapi ujian atau ulangan semester. Ada beragam alasan, mulai dari kesibukan orangtua, rasa lelah setelah seharian bekerja atau telah menyerahkan tugas ini melalui bimbingan belajar atau les khusus.

Padahal ada banyak manfaat yang diperoleh anak saat orangtua menemani anak belajar dalam menghadapi ujian, tes atau saat anak belajar sehari-hari atau saat tes. Tidak hanya manfaat secara akademis namun masih banyak lainnya.

DIlansir dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, berikut 5 manfaat orangtua menemani anak belajar di rumah:

1.  Mendekatkan jalinan hati

Hubungan orangtua dan anak terjalin baik itu sangat penting. Jangan sampai masing-masing sibuk dengan sendirinya. Jalinan erat akan menjadikan komunikasi dua arah lancar.

2. Bantu memecahkan persoalan

Banyak persoalan dihadapai anak. Baik saat belajar ada hal yang tidak bisa dipecahkan, bisa masalah sekolah, atau persoalan lain yang kadang mengganjal.

Kalau persoalan terbiasa dipendam sendiri akan berefek tidak baik bagi psikis anak. Sesering mungkin kita mendampingi anak belajar akan mudah membantu anak mengatasi masalahnya.

3. Anak jadi percaya diri

Kepercayaan diri amat penting bagi anak. Dengan adanya pendampingan belajar, anak menjadi mantap terhadap materi yang dipelajarinya.

Penguatan orangtua berdampak positif bagi anak. Percaya diri pun tercipta dan akan menjadikan anak melangkah dengan tenang saat di sekolah atau saat mengerjakan tes.

4. Anak lebih tenang

Ketenangan akan membuat konsentrasi anak lebih baik. Selain itu, si anak akan lebih mudah mengerjakan dengan hati senang, tak ragu dan tak grogi lagi. Ini akan berpengaruh dalam belajar atau saat mengerjakan soal baik saat tes atau tidak.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/04/19/21371771/4-alasan-orangtua-perlu-temani-anak-belajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke