Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Startup Mahasiswa ITB Gaet Investor "Pre-Seed" di Ajang "Tech In Asia"

KOMPAS.com - Penggunaan "chatbot" (admin otomatis) dalam dunia bisnis sudah cukup marak baik di dalam maupun di luar negeri. Meski demikian, tidak dapat dipungkiri biaya pembuatan dibutuhkan tidaklah murah dan aktivasi sistem tidak mudah.

Melihat peluang ini, dua mahasiswa ITB Terry Djony Syukur (Teknik Fisika, 2016) dan Muhammad Fathiyakan Ramadhan (Kewirausahaan, 2017) berinisiasi mengembangkan Chatbiz.id, aplikasi aktivasi "chat robot" sebagai solusi UMKM di Indonesia melalui aplikasi Line.

Dengan visi "Menjadi platform chatbot terbesar di UKM Indonesia", mereka berharap dapat menyediakan platform yang memudahkan UKM membuat "chatbot" customer service (admin otomatis) dalam lima menit saja.

Otomatisasi UKM

Hadirnya chatbot ini dapat membantu sekaligus menyediakan fasilitas chatbot dengan admin otomatis yang memudahkan UMKM dalam mempromosikan katalog produknya sekaligus membalas pesan (chat) dari pelanggan.

Hanya dengan memasukkan beberapa data berupa gambar, deskripsi barang, juga harga, UMKM sudah dapat menyaksikan produknya dengan sistem chatbot.

Keuntungan lain, UMKM dapat meminimalkan biaya operasional admin pegawai hingga 80 persen. Dibanding menambah pegawai admin yang memakan biaya 2-4 juta/bulannya, "chatbot"  jauh lebih terjangkau dan bisa melayani semua orang secara instan.

Hingga saat ini, Chatbiz tengah menangani 3 UMKM bergerak di bidang konveksi dan voucher games.

Gaet "Pre-Seed"

Startup yang berdiri pertengahan 2018 ini, meskipun tergolong muda telah meraih 3 prestasi dan capaian membanggakan; (1) bergabung dengan program TOP dan PTC LPiK ITB, (2) menjadi salah satu tenant inkubasi di Greaterhub, hingga (3) menjadi salah satu tenant yang memamerkan produknya di TechIn Asia Startup Factory 2018 pada Oktober lalu. 
 
Menurut Fathiyakan, co-founder, Chatbiz menjadi tenant dengan usia startup dan anggota group termuda dalam gelaran startup bergengsi tersebut. 
 
Dari TechIn Asia juga, mereka berhasil menarik perhatian seorang "angel investor". Chatbiz mendapatkan investasi "Pre-Seed" atau dalam istilah start up, investasi pre-seed ini dapat bernilai hingga sembilan digit atau ratusan juta rupiah. Dari "angel investor" ini, mereka berhasil membuka kantor perdana di Cidadap, Lembang, Kota Bandung. 
 
"Semoga Chatbiz bisa membantu UKM-UKM dan perusahaan yang saat ini sedang mengarah ke industri 4.0," ucap Terry Djony Syukur, CEO Chatbiz.id.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/04/20/12300061/startup-mahasiswa-itb-gaet-investor-pre-seed-di-ajang-tech-in-asia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke