Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenag Buka 5.000 Beasiswa Doktor pada Mei 2019, Ini Detailnya

Dalam kesempatan ini, Kemenag telah menjalin kerja sama dengan 36 perguruan tinggi penyelenggara (PTP), yang terdiri dari 17 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) dan 19 perguruan tinggi umum (PTU).

"Iya, diadakan rekrutmen setiap tahun dengan jumlah alokasi yang berbeda-beda," ujar Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag, Prof Dr M Arskal Salim saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (30/4/2019).

Arskal menyampaikan bahwa lamanya beasiswa yang diberikan itu tergantung dari kontrak penerima beasiswa, berdasarkan kondisi masing-masing.

Sementara, untuk informasi beasiswa dan tata cara pendaftaran 5.000 beasiswa doktor bisa disimak lebih lanjut di laman 5000doktor.diktis.id/registration.

Informasi beasiswa

Perlu diketahui, program 5.000 beasiswa doktor dalam negeri ini terdiri dari beasiswa program doktor (full scholarship) dan bantuan penyelesaian pendidikan (BPP).

Untuk beasiswa program doktor (full scholarship) merupakan beasiswa Kemenag yang ditujukan bagi dosen dan tenaga kependidikan yang bekerja pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) atau pegawai Kemenag yang ingin menempuh studi jenjang doktor (S3) di perguruan tinggi berkualitas di dalam negeri.

Kemudian, jika Anda memilih beasiswa program doktor ada beberapa berkas yang harus dilengkapi ketika pendaftaran, berikut rinciannya:

1. Surat Permohonan Beasiswa Program Doktor yang ditujukan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam, di atas materai Rp 6.000.
2. Fotokopi kartu identitas (KTP).
3. Fotokopi ijazah S-2 yang dilegalisir.
4. Fotokopi transkrip nilai ijazah S-2.
5. Fotokopi kartu pegawai bagi PNS.
6. Izin dari atasan.
7. Fotokopi SK jabatan akademik terakhir bagi dosen atau SK kepengangkatan terakhir bagi PNS non-dosen.
8. Pas foto berwarna 4x6 sebanyak 3 lembar.
9. Surat pernyataan tentang keaslian dokumen, tidak sedang meneria beasiswa dari instansi lain, dan kesediaan mematuhi peraturan.
10. Surat pernyataan kesediaan untuk kembali bertugas dan mengabdi pada tempat tugas asal minimal dua kali masa tuags belajar (n) plus satu tahun (2n+1), terhitung setelah kelulusan.

Untuk program BPP, ditujukan bagi dosen dan PNS pada PTKIN atau Kemenag yang sedang dalam tahap akhir penyelesaian studi di kampus yang terakreditasi A atau B.

Bantuan berupa uang yang besarannya ditentukan kemudian dan diberikan dalam sekali bayar.

Sementara, jika Anda memilih program BPP ada beberapa berkas yang harus dilengkapi ketika pendaftaran, yakni:

1. Surat Permohonan Bantuan Penyelesaian Pendidikan yang ditujukan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam, di atas materai Rp 6.000.
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi ijazah S-2 yang dilegalisir
4. Fotokopi transkrip nilai ijazah S-2
5. Fotokopi Kartu Pegawai bagi PNS
6. Surat Keterangan Mahasiswa Program Doktor (S-3) dari pemimpin Program Pascasarjana tempat studi
7. Fotokopi transkrip nilai program doktor (S3)
8. Surat Keterangan sebagai dosen tetap pada PTKIS yang ditandatangani oleh pejabat Kopertais bagi dosen tetap yayasan penyelenggara PTKIS
9. Surat Keterangan sedang menyusun disertasi dari salah seorang pembimbing disertasi
10. Pas foto berwarna 4x6 sebanyak 3 lembar
11. Surat Keterangan telah selesai ujian komprehensif dan/atau ujian pendahuluan/ujian tertutup dari Program Pascasarjana.

Arskal juga menyampaikan bahwa alur pendaftaran secara umum dimulai dari regitrasi akun, aktivasi akun yang dikirimkan melalui email, login, update data diri secara lengkap, dan apply program beasiswa doktor atau BPP.

Petunjuk pendaftaran

Pendaftaran program 5.000 beasiswa doktor dapat diakses di laman https://scholarship.kemenag/go.id yang nantinya muncul opsi "Dalam Negeri" dan "Luar Negeri", pilih opsi "Dalam Negeri".

Kemudian, muncul tampilan Pendaftaran Beasiswa 5.000 doktor Dalam Negeri, pilih kategori pendaftar sesuai status kepegawaian Anda, lalu klik tombol daftar.

Setelah itu, muncul kolom pendaftaran berupa isian data. Isi semua kolom dan pastikan data terisi dengan lengkap. Jika telah selesai, klik tombol "SUBMIT".

Selanjutnya, sistem akan secara otomatis mengirimkan tautan aktivasi pada email yang didaftarkan dan klik tautan aktivasi yang dikirimkan oleh sistem pada email Anda.

Setelah aktivasi akun, langkah selanjutnya adalah "Login" dengan menggunakan username dan password yang telah dibuat pada saat regitrasi akun.

Kemudian, update data diri yang harus diisi dan dilengkapi oleh peserta, seperti biodata, foto profil, identitas, SK, dan proposal disertasi.

Setelah semua data terisi lengkap, kemudian peserta diminta apply program beasiswa doktor atau BPP.

Selain itu, apabila ada salah satu data isian atau berkas yang belum diunggah, maka peserta tidak dapat apply program beasiswa.

Dalam proses pendaftaran, jika terjadi kesulitan ataupun pertanyaan bisa dikirimkan ke alamat email moradn2018@gmail.com. Pertanyaan tersebut akan direspons oleh admin pada jam kerja.

Kemenag juga mengimbau kepada peserta agar membaca petunjuk pendaftaran dengan seksama agar tidak ada alur yang terlewati.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/04/30/13531311/kemenag-buka-5000-beasiswa-doktor-pada-mei-2019-ini-detailnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke