Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KG Music Club, Pendidikan Karakter lewat Keterampilan Musik

KOMPAS.com - "Inspirasi Nusantara" menjadi payung besar bagi Kompas Gramedia dalam menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility). Dalam pelaksanaanya program CSR tersebut terbagi dalam tiga kategori, yaitu "Inspirasi Pendidikan", "Inspirasi Budaya", dan "Inspirasi Lingkungan".

Sebagai salah satu perwujudan program CSR "Inspirasi Pendidikan", Kompas Gramedia menggelar program pelatihan musik gratis bagi anak-anak warga kampung sekitar perkantoran pusat di wilayah Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

Program sekaligus rintisan komunitas ini dinamakan "Kompas Gramedia (KG) Music Club".

Penguatan pendidikan karakter

Inisiasi KG Music Club dinafasi oleh semangat mulia dan cita-cita luhur Kompas Gramedia untuk mencerahkan kehidupan masyarakat (enlightening people).

Kontribusi dalam bentuk pelatihan musik ini merupakan sebuah upaya untuk memperkaya keterampilan (skill) sekaligus memperkuat karakter (character building) anak-anak warga sekitar.

“Dengan mengolah dan memadukan keduanya secara intensif, diharapkan KG Music Club dapat memberikan bekal tambahan bagi anak-anak untuk menyongsong masa depan,” jelas Teguh Azmi Pamungkas, perwakilan CSR Kompas Gramedia.

KG Music Club telah diadakan sejak pertengahan tahun 2015. Pelatihan ini dipandu oleh Ages, musisi dari Taman Suropati Chambers, beserta timnya. Saat ini para peserta yang mengikuti pelatihan rutin KG Music Club banyak mengambil fokus pada alat musik biola.

Khuzaima Nazwa, salah satu peserta KG Music Club, mengutarakan kegembiraannya karena dapat mengikuti program ini. “Senang banget bisa ikut KG Music CLub. Sekarang bisa main biola. Asyik dan seru, bisa pentas dimana-mana juga,” ujarnya.

Hasil pelatihan peserta di KG Music Club secara periodik dipentaskan di berbagai event. Dalam lingkup internal perusahaan, KG Music Club cukup rutin mengisi Pentas Musik Petang (Mustang), Sajian Musik Ramadhan, dan Konser Internal KG Music Club.

Sementara dalam lingkup eksternal, KG Music Club pernah tampil di acara Happyness Festival yang diadakan di Taman Menteng pada bulan April 2018.

Selain itu, pada 5 Mei 2019, KG Music Club juga turut serta sebagai salah satu komunitas yang bermain dalam pentas musik biola di acara Pojok Pemuda Kreatif “Hiduplah Indonesia Raya”.

Acara yang diikuti oleh 326 pemusik ini dianugerahi Rekor Dunia MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan kategori “Memainkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan Orkestra di Taman oleh Musisi Terbanyak”.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/05/06/17181781/kg-music-club-pendidikan-karakter-lewat-keterampilan-musik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke