Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tim UI Wakili ASEAN di Ajang Kompetisi Robot Bawah Laut Internasional

KOMPAS.com - Tim mahasiswa Universitas Indonesia UI (UI) Autonomous Marine Vehicle Team UI (AMV UI)  meraih juara satu ASEAN lewat inovasi Robot Makara 08 Mark II dalam kompetisi "The 3rd ASEAN MATE Underwater Robot Competition" (4–5/5/2019) di Surabaya. 

Turnamen internasional ini diadakan Marine Advanced Technology Education (MATE) merupakan ajang mempertandingkan karya inovasi mahasiswa terkait Remotely Operation Vehicle (ROV) berupa robot bawah air atau juga dikenal sebagai kendaraan bawah air yang dioperasikan jarak jauh.

Tim AMV UI beranggotan 25 mahasiswa UI lintas ilmu, mulai dari Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, hingga Fakultas Matematika dan IPA.

Robot identifikasi bawah laut

Robot Makara 08 Mark II merupakan robot bawah laut yang dapat dimanfaatkan mengidentifikasi korban kapal tenggelam, pencarian puing properti tenggelam, memudahkan proses pekerjaan inspeksi lambung kapal, dan pekerjaan lainnya yang sulit dan riskan jika dilakukan manusia.

Kemenangan ini langsung mengantar AMV UI menjadi wakil Indonesia serta tingkat Regional ASEAN berkompetisi di ajang International MATE ROV Competition di Kingsport Tennessee, Amerika Serikat, Juni mendatang.

Robot Makara 08 Mark II merupakan robot bawah laut yang mampu menyelam dengan kedalaman 5 meter dan mampu bertahan selama 30 menit. Robot ini dapat ditugaskan inspeksi kondisi bawah air/laut dan dapat menggambarkan kondisi di dalamnya.

Dalam turnamen ini, Robot Makara 08 Mark II berhasil menuntaskan misi inspeksi waduk dan reparasi, riset saluran air bersih, serta mendeteksi miniatur meriam pra-sejarah dan mengukur diameter, volume, dan beratnya meriam tersebut sebelum dinaikkan ke permukaan air.

Keunggulan dari robot karya mahasiswa UI ini diantaranya memiliki kemampuan image processing secara otomatis sehingga memudahkan pilot mengidentifikasi biota bawah laut.

Fitu ini juga memudahkan menemukan sebuah retakan pada jalur pipa dan mengukur secara otomatis ukuran dari retakan tersebut. Robot ini juga dilengkapi sensor suhu dan ph serta memiliki posisi truster memudahkan pilot dalam memiringkan posisi ROV sehingga dapat mengubah orientasi kamera secara cepat.

“Turnamen ini menjadi ajang pembuktian bahwa mahasiswa seperti kami juga telah mampu mengkreasikan sebuah inovasi dan mampu menjawab kebutuhan industri akan teknologi tanpa awak," ujar Ketua AMV UI Alif Hikmah Fikri dilansir dari laman resmi UI.

Alif menambahkan "Dengan mengembangkan sebuah Robot Makara 08 Mark II kami tidak hanya diuji dari segi mengelaborasi ilmu STEM (science, technology, engineering, and math), melainkan juga harus mampu melihat dari segi kewirausahaan – dimana produk kami harus mampu memenuhi kebutuhan market .”

“AMV UI yakin mampu bersaing dan menyelesaikan misi-misi perlombaan saat nanti berkompetisi di Amerika Serikat. Kami ingin menunjukkan bahwa tim Indonesia mampu mengungguli kampus terkemuka dunia dalam ajang kompetisi bergengsi ini,” tutupnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/05/12/17051871/tim-ui-wakili-asean-di-ajang-kompetisi-robot-bawah-laut-internasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke