Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerataan Kualitas Pendidikan, Jabar Lakukan Rotasi Guru

KOMPAS.com - Pemerintah daerah provinsi Jawa Barat melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa berencana melakukan rotasi seluruh guru di setiap satuan pendidikan. Hal ini bertujuan sebagai upaya melakukan pemerataan kualitas pendidikan di Provinsi Jawa Barat.

Regulasi tersebut segara dilaksanakan setelah Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai pola karier guru terbit pada Juni 2019.

Iwa menjelaskan rotasi tersebut dilakukan secara bertahap dan bertingkat melalui sistem promosi.

"Jika ada guru berkualitas maka akan promosi menjadi wakil kepala sekolah (wakasek). Begitupun dengan wakasek terbaik akan jadi kepala sekolah (kepsek) dan kepsek terbaik akan menjadi pengawas," tutur Iwa dikutip dari laman resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Iwa Karniwa lenih jauh menegaskan promosi tersebut kemungkinan tidak menempatkan tenaga pendidik di sekolah bersangkutan, melainkan di sekolah lain yang berada di daerah. "Mungkin di sekolah yang sedikit lebih jauh agar ilmu yang mereka miliki bisa dibagi ke sekolah tersebut guna meratakan kualitas pendidikan," jelasnya.

Ia mengatakan Pergub yang sedang disusun akan memberikan parameter jelas mengenai pola karier guru. "Sebelumnya memang sudah ada, namun belum komprehensif," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika mendukung regulasi tersebut.

Dewi Sartika menerangkan program ini mendukung pemerataan pendidikan yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui program zonasi.

"Tentu ini sangat sesuai dengan visi pendidikan nasional dan diharapkan mampu memberikan percepatan pembangunan pendidikan di Jabar," harapnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/05/19/23513261/pemerataan-kualitas-pendidikan-jabar-lakukan-rotasi-guru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke