Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buat “Gamers”, Simak Prodi Kekinian di Beberapa Kampus Indonesia

Salah satu bidang berkembang pesat yaitu teknologi game. Begitu banyak peminatnya di seluruh dunia membuat para pelaku industri menangkap peluang itu sehingga pertumbuhan terlihat begitu cepat.

Begitu juga dengan industri pendidikan. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah perguruan tinggi menyediakan jurusan atau program studi khusus yang berhubungan dengan proses produksi game.

Mahasiswa yang kuliah dalam program studi ini akan mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain dan mengembangkan berbagai teknologi terapan di dunia game.

Desain itu antara lain berupa karakter tokoh, alur cerita, tingkat kesulitan, animasi dan storyboard, serta distribusinya.

Sejumlah kampus pun bekerja sama dengan perusahaan sebagai pelaku industri game serta terus meningkatkan kurikulum, sumber daya manusia, dan fasilitasnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kampus yang membuka program studi (prodi) kekinian terkait penerapan teknologi game untuk menjawab kebutuhan zaman itu:

1. Universitas Bina Nusantara

Kampus ini membuka prodi sejenis dengan nama yang berbeda, yaitu Game Applicatian and Technology. Fokusnya adalah pada pembuatan game yang berhubungan dengan desain, seni, dan pemrograman.

Binus University menjalin kerja sama dengan Apple Academy dalam pengembangan berbagai aplikasi berbasis platform Apple.

2.   Universitas Multimedia Nusantara

Calon mahasiswa berminat dengan jurusan teknologi game pada kampus ini bisa memilih Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV). Mereka akan mempelajari secara khusus desain visualnya sebagai salah satu bekal agar siap terjun dalam dunia industri game.

3. Universitas Ciputra Surabaya

Berusaha untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terbaru melalui Prodi Teknik Informatika, kampus ini memberi kemampuan pengembangan aplikasi, salah satunya game development.

Universitas Ciputra juga menjalin kerja sama dengan Apple Developer Academy Program agar bisa mengikuti mobile apps development course berskala internasional.

4. Institut Teknologi Bandung

Kampus ini membuka jurusan teknologi game pada Sekolah Teknik Elektro dan Informatika dengan nama Teknologi Media Digital dan Game. Tujuannya agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang teknologi media digital dan game.

Selain itu, mereka diharapkan mampu merancang, menganalisis, dan mengembangkan aplikasi yang menjadi perpaduan antara perangkat lunak dan perangkat keras, serta memecahkan berbagai masalahnya.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Jurusan game di kampus ini bisa ditemui pada Fakultas Teknik Elektro, khususnya Prodi Teknik Komputer. Beberapa peminatan yang tersedia yaitu teknologi permainan (game technology), telematika, sistem real time, dan rekayasa jaringan.

Mahasiswa yang kuliah di sana dilatih untuk menyelesaikan berbagai masalah menggunakan pendekatan komputer seiring dengan semakin berkembangnya era internet of things.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/15/11334541/buat-gamers-simak-prodi-kekinian-di-beberapa-kampus-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke