Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

“Youtuber” Masuk Kampus, Ini Tanggapan Natasha Wilona

KOMPAS.com – Beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia tahun ini membuka pendaftaran khusus bagi orang-orang dengan profesi dan hobi kekinian, yaitu Youtuber dan gamer.

Bahkan ada kampus menyediakan peluang mendaftar melalui jalur prestasi untuk Youtuber dan menawarkan program studi khusus gamer. Kesempatan kuliah itu merupakan jawaban atas perubahan zaman seiring dengan kebutuhan baru dalam dunia kerja pada era revolusi industri 4.0.

Melihat peluang tersebut, Natasha Wilona, artis peran yang juga Youtuber menilai hal ini sebagai hal positif karena selama ini profesi Youtuber dan orang hobi bermain game kurang mendapat perhatian dari dunia pendidikan.

Dukungan pendidikan

“Itu satu hal yang bagus, sekian lama hal seperti itu tidak terlalu difokuskan oleh universitas. Dianggap apa sih game, enggak mungkin kan ya. Youtube ada sekolahnya? Itu justru penting banget karena pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman sekarang,” ucap Natasha kepada Kompas.com, Sabtu (15/6/2019).

Menurut aktris, penyanyi, dan model ini, pertumbuhan dunia hiburan belakangan ini terjadi begitu pesat seiring dengan era digitalisasi, termasuk Youtube dan game online.

Jika orang-orang terlibat di dalamnya diberi kesempatan mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya dengan menjalani kuliah, maka industrinya pun akan semakin berkembang dengan baik.

“Sekarang Youtube ataupun game online sangat berkembang. Kalau misal bisa lebih difokuskan dan dibuka peluang untuk mereka bisa menggali ilmu berdasarkan kesukaan dan passion mereka akan lebih bagus. Karena pada dasarnya semua itu punya sisi positif asal dikelola dengan baik,” jelas Natasha.

Prodi kekinian

Seperti diberitakan sebelumnya, UPN Veteran Jakarta membuka pendaftaran melalui jalur prestasi bagi Youtube Content Creator alias Youtuber. Mereka diperbolehkan mendaftar asalkan memiliki paling sedikit 10.000 subscriber.

Selain itu, beberapa kampus juga membuka program studi khusus bagi para pencinta games untuk mengembangkan hobi mereka dan menjadi pekerja profesional yang berprospek cerah di masa mendatang.

Sebagai contoh, beberapa kampus membuka Prodi Teknologi Games, yaitu Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, Universitas Multimedia Nusantara, ITB (program S-2), dan ITS (program S-2).

Kemudian, Universitas Prasetya Mulya, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia, dan Universitas Universal membuka Prodi Teknik dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Ada pula Universitas Bina Nusantara membuka Prodi Aplikasi dan Teknologi Seluler, serta Universitas Dian Nuswantoro membuka Prodi E-Sport.

Untuk Prodi Game Animasi, beberapa kampus menyediakan prodi ini antara lain Universitas Negeri Malang, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (MMTC), dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI).

https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/16/20104831/youtuber-masuk-kampus-ini-tanggapan-natasha-wilona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke