Salin Artikel

LTMPT: Penerimaan Jalur SBMPTN 2019 Tergantung 6 Hal Ini

KOMPAS.com - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mulai membuka pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 pada 10 Juni 2019 dan akan berakhir pada 24 Juni 2019.

Hingga Senin (17/6/2019) pukul 16.00 WIB, sebanyak 372.534 peserta tercatat telah mendaftar. 

Jumlah tersebut terdiri dari 177.523 peserta program kelompok Sains dan Teknologi, 190.235 peserta program kelompok Sosial Humaniora, dan 4.773 peserta program kelompok campuran.

"Menurut statusnya dapat diketahui jumlah peserta reguler sebanyak 267.566 peserta dan Bidikmisi sebanyak 104.968 peserta," kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Ravik Karsidi kepada Kompas.com, Senin (17/6/2019) sore.

6 faktor penentu

Melalui info laman resmi, LTMPT menjelaskan penerimaan jalur SBMPTN sangat tergantung pada 6 hal berikut:

1. Pilihan PTN

2. Pilihan program studi (prodi)

3. Daya tampung/kuota prodi

4. Jumlah peminat

5. Nilai UTBK siswa

6. Tingkat keketatan prodi

"Sistem akan memilih secara otomatis nilai UTBK peserta yang terbaik dari komposisi UTBK gelombang pertama maupun nilai UTBK gelombang ke-2 (bagi yang mengikuti tes 2 kali)," demikian penjelasan dalam info resmi LTMPT tersebut.

Tidak keluarkan passing grade

Dalam info resmi tersebut, panitia LTMPT juga menyampaikan pihaknya maupun Rektor dan Wakil Rektor PTN tidak pernah mengeluarkan passing grade atau nilai batas penerimaan calon mahasiswa jalur SBMPTN 2019.

"Apabila beredar passing grade, maka dipastikan bukan dari LTMPT dan informasi tersebut bisa menyesatkan," tegas LTMPT.

Terkait hal itu, Ketua LTMPT mengingatkan kepada seluruh peserta SBMPTN untuk tidak mengunggah hasil UTBK miliknya dalam bentuk apapun. "Nilai UTBK sifatnya rahasia, hanya diberikan kepada individu. Jadi seharusnya tidak diberikan kepada siapapun yang tidak berkompeten," tegasnya.

Pihak LTMPT kembali menegaskan apabila ada pihak-pihak tertentu melakukan perangkingan UTBK maka tidak menjadi tanggung jawab LTMPT.

Tidak ada perpanjangan pendaftaran

Untuk itu, pihak LTMPT mengimbau para peserta yang sudah memiliki nilai UTBK tetap mendaftar jalur SBMPTN secara rasional karena peluang diterimanya tetap terbuka.

Seleksi SBMPTN 2019 dilakukan oleh masing-masing PTN bukan oleh LTMPT berdasarkan nilai UTBK dan kriteria lain yang ditentukan oleh Rektor masing-masing PTN.

"Mengingat waktu pendaftaran cukup panjang yaitu mulai tanggal 10-24 Juni 2019 dan sudah disosialisasikan cukup lama maka pendaftaran SBMPTN 2019 tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran. Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN adalah tanggal 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB," tegas panitia LTMPT.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/18/07582781/ltmpt-penerimaan-jalur-sbmptn-2019-tergantung-6-hal-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.