Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ikut Kompetisi Airbus, Mahasiswa Indonesia Raih Posisi Kedua

KOMPAS.com – Tim yang terdiri dari tiga mahasiswa Indonesia dan satu mahasiswa Jepang yang kuliah di University of Cambridge, Inggris, berhasil menempati peringkat kedua dalam kompetisi "Airbus Fly Your Ideas".

Seperti dilansir The Jakarta Post, Team AirFish (Airbus Integrated Fisheries Information Services) beranggotakan Falah Fakhriyah, Martin Siagian, dan Nathan Harjanto dari Indonesia, sedangkan satu anggota lagi yakni Keiko Miyazaki berasal dari Jepang.

Gagasan mereka ajukan adalah penginderaan jarak jauh untuk melindungi laut dan mampu mengalahkan 269 materi yang diajukan peserta lainnya. Mereka pun berhak mendapatkan hadiah uang tunai 10.000 euro atau sekitar Rp 160 juta.

Team AirFish merupakan salah satu dari tujuh tim finalis yang memperoleh kesempatan mengembangkan prototipe ide mereka di Toulouse, Perancis, selama satu minggu dengan menggunakan fasilitas penelitian dan pengembangan milik Airbus.

“Team AirFish dari University of Cambridge tampil meyakinkan dengan gagasan luar biasa mereka tentang sistem pemantauan laut menggunakan citra satelit dan teknologi pencitraan video,” demikian keterangan tertulis dalam laman resmi Airbus, Jumat (28/6/2019).

Disebutkan penemuan mereka dapat membantu pemerintah memerangi penangkapan ikan ilegal, mengurangi penangkapan spesies langka, dan mengurangi kerusakan habitat laut.

Juara dari kompetisi tersebut Team "Zero" Heroes dari Delft University of Technology, Belanda, mengajukan materi berupa saklar nirkabel pintar tanpa baterai untuk sistem di pesawat. Tim itu berhasil membawa pulang hadiah uang tunai sebesar 25.000 euro atau lebih kurang Rp 400 juta.

Sebagai informasi, kompetisi Airbus Fly Your Ideas telah diselenggarakan sejak tahun 2008, dan diikuti lebih dari 22.000 siswa dari sekitar 700 universitas dan 100 negara di dunia.

Kompetisi ini memberi kesempatan sekaligus tantangan kepada para peserta menciptakan inovasi di sektor dirgantara dalam enam bidang utama, yaitu Electrification, Data Services, Cyber Security, Internet of Things, Artificial Intelligence, dan Mixed Reality.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/07/01/22354931/ikut-kompetisi-airbus-mahasiswa-indonesia-raih-posisi-kedua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke