Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

HUT RI ke-74 Kemenristekdikti: Indonesia Maju lewat SDM Unggul

KOMPAS.com - Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan untuk itu SDM Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga mampu bersaing global memasuki era industri 4.0.

Hal ini menjadi isu pokok yang disampaikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam Upacara Peringatan HUT RI ke-74 Kemenristekdikti di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang pada Sabtu (17/8/2019).

Tahun ini, Peringatan HUT RI lingkungan Kemenristekdikti mengusung tema "SDM Unggul, Indonesia Maju". Dikutip dari rilis resmi Kemenristekdikti, Menteri Nasir mengingatkan untuk dapat mencapai Indonesia maju, pembangunan infrastruktur saja belum cukup untuk bersaing dengan kemajuan teknologi dari negara lain.

Ciptakan SDM unggul

"Keunggulan SDM di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan. Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas," ungkap Menteri Nasir saat menjadi Pembina Upacara.

Menristekdikti melanjutkan, "Kita sadar bahwa kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan peningkatan kualitas SDM dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring kemajuan industri 4.0." 

Menristekdikti mengungkapkan dalam menciptakan SDM yang unggul Perguruan Tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang.

Satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa.

"Bonus demografi yang kita miliki harus benar-benar kita optimalkan dengan mencetak sumber daya manusia Indonesia yang unggul, peluang ini akan menjadi emas jika kualitas pendidikan terus kita tingkatkan. Peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan dinanti oleh bangsa ini dalam menjawab segala tantangan yang ada," jelas Menristekdikti.

Menteri Nasir menambahkan Undang-Undang Sistem Nasional Iptek yang baru disahkan DPR RI, sebagai pengganti atas undang-undang Nomor 18 Tahun 2002 menjadi momentum emas dalam peningkatan pembangunan kapasitas SDM iptek dan peningkatan karya-karya besar invensi dan inovasi.

Dalam kesempatan tersebut, Menristekdikti memberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya di lingkungan Kemenristekdikti.

Menristekdikti juga memberikan penghargaan kepada pimpinan dan anggota Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Barat atas keberhasilan membongkar peredaran narkoba di beberapa perguruan tinggi di Jakarta. 

https://edukasi.kompas.com/read/2019/08/17/17322641/hut-ri-ke-74-kemenristekdikti-indonesia-maju-lewat-sdm-unggul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke