Salin Artikel

Dekat Ibu Kota Baru di Kaltim, Unmul Punya Sederet Prodi Favorit

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo telah mengumumkan secara resmi ibu kota baru yang berada di Kalimantan. Pengumuman itu disampaikan oleh Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi.

Dia menyatakan bahwa keputusan ini diambil setelah pemerintah melakukan kajian mendalam dan intensif selama tiga tahun.

Terkait keberadaan ibu kota baru itu, salah satu hal yang patut dipertimbangkan yaitu sarana pendidikan berupa perguruan tinggi.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia mencatat, ada dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Kalimantan Timur (Kaltim) yang mengikuti SBMPTN 2019, yaitu Universitas Mulawarman (Unmul) yang berpusat di Samarinda dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan.

Khusus untuk Unmul, kampus ini merupakan salah satu PTN di Pulau Kalimantan yang difavoritkan calon mahasiswa di wilayah tersebut.

Pada SBMPTN 2019, secara keseluruhan Unmul membuka 62 program studi (prodi) untuk kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial dan Humaniora (Soshum).

Seperti dipublikasikan di laman resmi SBMPTN 2019, berikut ini daftar prodi favorit di Unmul dan daya tampungnya pada tahun ini:

Saintek

1. Farmasi

Prodi ini tercatat menarik paling banyak peminat pada SBMPTN 2018, yakni 1.426 orang. Sementara daya tampung yang disediakan tahun ini hanya untuk 52 orang.

2. Kesehatan Masyarakat

Banyak calon mahasiswa yang juga menetapkan sasaran pada prodi ini. Pada SBMPTN 2018, tercatat peminatnya hingga 1.395 orang. Namun, persaingan tahun ini berlangsung cukup ketat karena daya tampungnya hanya tersedia bagi 18 orang.

3. Pendidikan Dokter

Prodi ini menarik 1.339 orang peminat pada SBMPTN tahun lalu dan menjadi salah satu incaran yang difavoritkan. Utnuk kapasitasnya, Unmul menyediakan kesempatan untuk 48 orang pada tahun ini.

4. Teknik Informatika

Peminat prodi ini pada SBMPTN 2018 tercatat sebanyak 1.109 orang. Adapun kapasitas yang ditawarkan pada tahun ini tersedia untuk 63 orang.

5. Ilmu Komputer

Berdasarkan data SBMPTN 2018, prodi ini mampu menarik 933 orang peminat. Sedangkan kuota yang disediakan pada tahun ini yaitu untuk 38 orang.

Soshum

1. Manajemen

Ini merupakan prodi yang paling banyak menjadi favorit pada SBMPTN 2018, jumlah peminatnya mencapai 2.013 orang. Untuk tahun 2019, kapasitas bangku kuliah yang disiapkan sejumlah 109 orang.

2. Ilmu Pemerintahan

Peminat prodi ini pada 2018 tercatat ebanyak 1.296 orang. Adapun daya tampung yang disodorkan pada tahun ini hanya untuk 29 orang. Hal itu membuat persaingan perebutan bangku kuliah semakin sengit jika Mmelihat perbandingan tersebut.

3. Ilmu Administrasi Bisnis

Ini merupakan salah satu prodi yang banyak jadi sasaran pada SBMPTN tahun lalu, terhitung bisa menarik hingga 1.220 orang peminat. Bicara mengenai kapasitasnya, Unmul menawarkan kesempatan cuma untuk 26 orang pada tahun ini.

4. Akuntansi

Sebagai salah satu prodi yang juga menjadi target favorit di Unmul, peminat yang tercatat pada SBMPTN 2018 mencapai 1.125 orang. Adapun daya tampungnya, tersedia untuk 99 mahasiswa yang bisa kuliah di sana tahun ini.

5. Ilmu Administrasi Negara

Prodi ini tercatat menarik peminat 1.123 orang pada SBMPTN tahun lalu. Sementara kapasitas yang disediakan pada tahun ini yaitu untuk 32 orang.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/08/26/21161491/dekat-ibu-kota-baru-di-kaltim-unmul-punya-sederet-prodi-favorit

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.