Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

16 Universitas Terbaik DKI Jakarta 2019 Raih Penghargaan LLDikti, Siapa Saja?

KOMPAS.com - LLDikti (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah III DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada Perguruan Tinggi Berprestasi (2/9/2019), di antaranya kepada 16 universitas swasta yang berhasil masuk dalam klasterisasi 100 terbaik universitas nasional.

Acara ini dihadiri Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Prof. Ainun Na’im, Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignyo,  karyawan LLDIKTI Wilayah III, serta dosen-dosen dan perwakilan dari Perguruan Tinggi Berprestasi.

Illah Sailah Kepala LLDIKTI Wilayah III dan Samsuri, Sekretaris LLDIKTI Wilayah III juga mengapresiasi sejumlah Perguruan Tinggi Berprestasi dalam sejumlah kategori lain antara lain UI Greenmetric World University Ranking, Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Rintisan Kerjasama Luar Negeri, Ritech Expo Kemenristekdikti, Kampus dengan Dokumen Terbanyak dalam Repositori Tugas Akhir Mahasiswa, hingga Percontohan Kampus Ramah Lingkungan di provinsi DKI Jakarta.

Dalam paparannya, Illah menyampaikan tujuan klasterisasi perguruan tinggi agar dapat mewujudkan perguruan tinggi berkualitas, dengan kebijakan yang dapat diterapkan di perguruan tinggi sesuai dengan karakteristiknya masing-masing yang berdasarkan penilaian dengan model European Business Excelence, meliputi:

16 Universitas Terbaik DKI Jakarta

Daftar Perguruan Tinggi Penerima Piagam Penghargaan Apresiasi Klasterisasi oleh Kemenristekdikti di provinsi DKI Jakarta kategori non-vokasi:

1. Universitas Indonesia: peringkat 5

2. Universitas Bina Nusantara: peringkat 20

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya: peringkat 32

4. Universitas Tarumanagara: peringkat 34

5. Universitas Trisakti: peringkat 42

6. Universitas Pancasila: peringkat 45

7. Universitas Mercu Buana: peringkat 49

8. Universitas Gunadarma: peringkat 55

9. Universitas Negeri Jakarta: peringkat 59

10. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka: peringkat 64

11. Universitas Al-azhar Indonesia: peringkat 69

12. Universitas Multimedia Nusantara: peringkat 73

13. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta: peringkat 77

14. Universitas Kristen Indonesia: peringkat 86

15. Universitas Budi Luhur: peringkat 89

16. Universitas Nasional: peringkat 98

6 politeknik/akademi terbaik DKI Jakarta

Daftar Perguruan Tinggi Penerima Piagam Penghargaan Apresiasi Klasterisasi oleh Kemenristekdikti di provinsi DKI Jakarta kategori vokasi:

1. Politeknik Negeri Jakarta: peringkat 7

2. Politeknik Manufaktur Astra: peringkat 30

3. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RS Husada: peringkat 59

4. Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta: peringkat 63

5. Akademi Keperawatan RS PGI Cikini: peringkat 69

6. Akademi Keperawatan RSP TNI-AU Jakarta: peringkat 92

Fokus pada kinerja

Kepada Kompas.com Illah menyampaikan, "Pemeringkatan ini dapat digunakan sebagai evaluasi diri kelemahan dan kekuatan setiap universitas. Hal ini juga berguna bagi masyarakat, masyarakat akan tahu perguruan tinggi yang akan dimasukinya teruku berada di posisi mana." 

Illah menghimbau setiap perguruan tinggi tetap berfokus pada kriteria akreditasi yang dikeluarkan BAN-PT. "Kita bekerja bukan karena mau diranking, tapi karena kita hendak membangun budaya mutu di perguruan tinggi tersebut," tegas Illah.

Illah berharap dengan tetap menjaga pengendalian dan peningkatan mutu berkelanjutan membuat akademik atmosfer di perguruan tinggi akan tetap berkualitas siapapun yang menilai atau melakukan pemeringkatan nantinya.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/04/07150061/16-universitas-terbaik-dki-jakarta-2019-raih-penghargaan-lldikti-siapa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke