Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peluang Profesi Jurusan Manajemen Bandara dan Perdagangan Internasional

KOMPAS.com- Dalam integrasi ekonomi serta Industri 4.0, permintaan terkait sumber daya manusia pada umumnya meningkat, terutama dalam bidang penerbangan, manajemen perdagangan internasional dan logistik.

Hal ini mendorong Management Development Institute of Singapore (MDIS) menawarkan dua program sarjana baru: Manajemen Penerbangan dan Bandara (Airline and Airport Management), serta Manajemen Perdagangan dan Operasi Internasional (International Trade and Operations Management) guna memenuhi permintaan SDM di industri penerbangan dan logistik.

Melalui rilis resmi MDIS (20/9/2019), Ignatius Teo, Kepala Sekolah Bisnis MDIS mengatakan dua program sarjana baru ini dirancang untuk membantu siswa dari banyak negara untuk mencapai tingkatan baru.

“Keduanya akan memberikan siswa keunggulan kompetitif yang menarik dan penting di dunia kerja internasional dan memberikan mereka peluang karir di industri penerbangan, logistik, dan administrasi bisnis,” kata Ignatius Teo.

Manajemen bandara

Lebih jauh Ignatius Teo menjelaskan program-program baru ini merupakan kemitraan antara MDIS dengan Teesside University dan University of Plymouth di Inggris. Gelar yang diberikan nantinya akan serupa dengan yang diberikan kepada siswa di kampus utama di Inggris.

Sarjana Penerbangan dan Manajemen Bandara (Bachelor of Arts, Airline and Airport Management) akan diberikan Teesside University (Inggris), universitas dengan reputasi internasional terkait keunggulan akademik, memberikan pengalaman belajar luar biasa kepada mahasiswa dan pembelajaran didukung oleh penelitian, usaha dan profesi.

Program ini memberikan mahasiswa pemahaman luas terkait perkembangan nasional dan internasional, juga masalah-masalah kontemporer dalam dunia penerbangan dengan referensi khusus guna menciptakan inovasi perusahaan dan manajemen bencana.

Siswa juga diajak meningkatkan pemahaman tentang pengembangan dan pertumbuhan organisasi di dalam lingkungan bisnis kompetitif. Lulusan diharapkan menjadi SDM siap kerja, bidang Manajer Akun Pelanggan (Customer Account Managers), Komunikator dan Spesialis Pengadaan (Communicators and Procurement Specialists), Manajemen Terminal (Terminal Management), atau Imigrasi dan Bea Cukai (Immigration and Customs).

Sementara itu, Sarjana Perdagangan Internasional dan Manajemen Operasi (Bachelor of Arts, International Trade and Operations Management) akan diberikan University of Plymout (Inggris), universitas dengan pengalaman 150 tahun dan pemenang dua kali penghargaan Queen’s Anniversary Prize for Higher and Further Education.

Program ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan apresiasi terhadap pasar global di mana bisnis beroperasi, dan implikasinya terhadap keputusan bisnis dan budaya operasional, serta mempromosikan pengetahuan dan pemahaman mendalam tentang perdagangan internasional dan manajemen operasi.

Setelah lulus, siswa dapat menekuni berbagai profesi di antaranya; Manajer Distribusi Global (Global Distribution Manager), Spesialis Kepatuhan Impor (Import Compliance Specialist), Ekonom Internasional (International Economist), atau Manajer Perdagangan Internasional (International Trade Manager).

https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/25/19235721/peluang-profesi-jurusan-manajemen-bandara-dan-perdagangan-internasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke