Salin Artikel

Hadapi Gas Air Mata, Pelajar Pedemo: "Sudah Resiko, Engga Apa-apalah!"

KOMPAS.com - Demo massa pelajar berakhir ricuh. Ada peserta demo melakukan kerusuhan di flyover Slipi, Jakarta Barat, Rabu (25/9/2019) dan menyebabkan pos polisi Pejompongan terbakar.

Terbakarnya pos polisi itu berawal saat para pelajar tak diperbolehkan melakukan aksi di depan Kompleks Parlemen Senayan.

Mereka akhirnya melempar batu, petasan ke arah polisi. Polisi kemudian menyemprotkan air menggunakan water cannon. Kemudian, mereka tampak menyebar ke arah Pejompongan hingga akhirnya membakar pos polisi Pejompongan.

Ditemui Kompas.com, Yadi, salah satu peserta demo, siswa SMK YKTB Bogor mengaku datang rombongan bersama teman-temannya dari Bogor dan bukan hanya dari 1 sekolah saja.

"Semua anak Bogor berangkat pak, bukan cuma sekolah saya saja," tegasnya.

Siswa SMK jurusan otomotif ini juga menyampaikan ikut demo terkait RKUHP dan berangkat dari sekolahnya pukul 09.00 WIB. Ia mengaku tidak membolos lantaran sudah izin dan diperbolehkan ikut ikut demonstrasi oleh guru.

Yadi juga menyampaikan sengaja datang hari ini lantaran kemarin, saat demonstrasi mahasiswa, dirinya sedang mengikuti ulangan. ""Kalo hari ini siap, sudah selesai ulangan dan kita janjian untuk jalan bareng naik kereta!" ujarnya.

Terkait resiko harus berhadapan dengan tindakan tegas polisi seperti yang terjadi kemarin, Yadi mengaku sudah mengetahui dan siap menghadapi resiko terkena lemparan batu atau gas air mata.

"Ya, itu kan sudah risiko, enggak apa-apalah," ujar Yadi ringan dengan wajah penuh polesan odol.

Penulis: Latief Muhammad

https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/25/22102581/hadapi-gas-air-mata-pelajar-pedemo-sudah-resiko-engga-apa-apalah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.