Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Kesaktian Pancasila, Binus School Undang TNI Masuk Sekolah

KOMPAS.com - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dijadikan Bina Nusantara (Binus) School Serpong sebagai salah satu media untuk mendidik, membangkitkan jati diri bangsa dan menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap tanah air di kalangan siswa.

Berlokasikan di Sjuman Hall, Binus School Serpong memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan mengundang anggota TNI untuk mengenalkan karakter nasionalisme kepada para siswa.

Anggota TNI diundang di antaranya; Ketut Darmika (Mayor Laut), Adi Honggo Prabowo (Kapten Topografi), dan Agus Wibawa (Letda Elektronika). Dalam acara yang telah diadakan tanggal 25 September 2019, anggota TNI mengajarkan beberapa Gerakan TNI kepada siswa. 

Tanamkan nilai Pancasila

"Tujuan acara ini adalah agar siswa-siswi Binus Serpong sebagai generasi penerus, dapat mengetahui hingga mengamalkan sila-sila Pancasila," jelas Angela Humas Binus School Serpong melalui rilis resmi.

Angela menambahkan, "Pancasila merupakan dasar ideologi negara Indonesia, di mana memuat karakter bangsa yang menjadi dasar pembangunan negara demokratis ini. Oleh karena itu, Binus Serpong tidak lalai dalam menanamkan sila-sila Pancasila dalam usaha edukasi akademis dan karakter siswa-siswinya."

Selain melalui acara peringatan seperti ini, BINUS SCHOOL Serpong juga membawa nilai-nilai dalam Pancasila hingga ke dalam pelajaran akademis dan pembangunan karakter, seperti PPKn, IPS, Bahasa Indonesia, dan Agama.

“Siswa siswi harus mengenal, memahami, dan menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari karena Pancasila adalah dasar negara, pedoman hidup bangsa," ujar Daniella Renya, guru sekaligus ketua penyelenggara acara.

Daniella menambahkan, "Kami, para guru di Binus School Serpong, juga percaya bahwa apa yang terkandung dalam Pancasila, yaitu berketuhanan, berbelaskasih, berkeinginan untuk bersatu, bertoleransi, dan senang bergotong royong dapat membawa siswa-siswi kami menjadi pribadi yang hebat, serta menjadi WNI yang berdampak baik terhadap bangsa dan negara di masa depannya.”  

Dalam acara, siswa SD Binus School Serpong telah mempersiapkan berbagai penampilan mencerminkan sila-sila Pancasila untuk menjelaskan sekaligus memberikan contoh dari pengamalan Pancasila.

Penampilan ditunjukkan dalam berbagai penampilan ekspresi kesenian sisiwa mulai dari drama, puisi, menyanyi, dan menari dalam nuansa Indonesia.

"Binus Serpong berharap dapat mempengaruhi tidak hanya siswa namun juga seluruh masyarakat, terutama generasi penerus, agar dapat berpegang kepada sila-sila Pancasila dan mengamalkannya sehingga dapat menjadi karakter yang melekat pada setiap individu warga negara Indonesia. Demikian Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat," tutup Angela.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/10/01/16015311/hari-kesaktian-pancasila-binus-school-undang-tni-masuk-sekolah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke