Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terpanggil untuk Membangun Masyarakat? Ada Beasiswa Khusus ke Amerika

KOMPAS.com - International Research and Exchanges Board (IREX) merupakan organisasi sosial bergerak di bidang pendidikan dan pengembangan global yang berkantor pusat di Wahington DC, Amerika Serikat (AS).

IREX menawarkan bagi para pemimpin muda dari berbagai negara di dunia pada setiap tahun untuk belajar dan bekerja sama dalam penyebarluasan prinsip keadilan, kemakmuran, dan kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat.

Salah satu program diadakan IREX yaitu Community Solutions Program (CSP). Ini adalah program pengembangan profesional untuk pemuda-pemudi yang bekerja untuk meningkatkan komunitas mereka.

Program ini akan berjalan pada tahun 2020 dan nantinya fokus pada isu-isu berkaitan dengan lingkungan, toleransi dan penyelesaian konflik, transparansi dan akuntabilitas, serta perempuan dan gender.

Program riset

Sebanyak 80 individu yang aktif dalam komunitas akan dipilih untuk berpartisipasi dalam program ini yang meliputi:

1. Fellowship empat bulan di Amerika Serikat.

Peserta Community Solutions akan dilibatkan dalam berbagai organisasi di wilayah di AS, di mana mereka bisa merasakan pengalaman profesional selama empat bulan.

2. Community Leadership Institute.

Peserta Community Solutions berpartisipasi dalam Community Leadership Institute, sebuah program pelatihan kepemimpinan dirancang untuk memperkuat keterampilan kepemimpinan dan manajemen mereka. Lembaga ini mencakup pelatihan tatap muka, kursus daring, pelatihan profesional, dan membuat jejaring.

3. Program inisiatif berbasis masyarakat.

Ketika peserta program ini berada di AS dan dibantu organisasi di sana, Community Solutions akan menugaskan untuk membuat desain dan merencanakan suatu proyek pengembangan masyarakat untuk dilaksanakan setelah mereka kembali ke negara asal masing-masing.

Setelah para peserta meninggalkan AS, diharapkan mereka akan melaksanakan proyek-proyek tersebut di komunitas asal mereka.

Cakupan beasiswa

Program ini akan mencakup pembiayaan sebagian besar pengeluaran terkait dengan:

1. Pembuatan visa J-1.

2. Biaya perjalanan pergi-pulang dari kota asal peserta ke AS.

3. Tunjangan bulanan untuk tempat tinggal, makan, dan biaya hidup lainnya selama di AS.

4. Asuransi kecelakaan dan kesehatan.

Syarat peserta

Pelamar harus memenuhi persyaratan yang tercantum di bawah ini agar memenuhi syarat untuk bisa diterima sebagai Community Solutions Program.

Lamaran yang tidak memenuhi syarat itu akan didiskualifikasi dan tidak akan dipertimbangkan oleh panitia seleksi. Berikut ini persyaratannya:

1. Pelamar berusia antara 25 sampai 38 tahun pada tanggal 1 Januari 2020.

2. Pelamar tinggal dan bekerja di negara asal (cek rincian negara di situs resmi).

3. Pelamar memiliki pengalaman kerja yang berhubungan dengan pengembangan komunitas paling tidak dua tahun dalam posisi sebagai full timer, part timer, ataupun sukarelawan.

4. Pelamar tidak sedang terlibat dalam kegiatan akademik, pelatihan, atau program penelitian di AS.

5. Pelamar memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik secara lisan dan tulisan.

6. Pelamar bersedia tinggal di AS selama empat bulan, mulai dari bulan Agustus sampai Desember 2020.

7. Pelamar bukan warga negara AS atau tidak sedang mengajukan permohonan menjadi warga negara AS dalam waktu tiga tahun.

8. Pelamar yang pernah berpartisipasi dalam program pertukaran dengan pendanaan oleh Pemerintah AS telah kembali ke negara asalnya selama dua tahun.

9. Pelamar bersedia kembali ke negara asal selama dua tahun setelah program CSP berakhir.

10. Pelamar bukan karyawan IREX atau mempunyai hubungan keluarga dengan salah satu karyawan IREX.

Lamaran harus diajukan secara daring melalui https://oas.irex.org/csp paling lambat 30 Oktober 2019 pukul 23.59 Eastern Daylight Time (EDT). Lamaran yang dikirim melalui surat, faksimili, atau dikirim lewat email ke IREX tidak akan diterima.

Untuk mengetahui prosedur pendaftaran, nama-nama negara asal calon peserta yang bisa mengikuti program ini, dan informasi lainnya, Anda bisa mengakses langsung ke situs resmi https://www.irex.org.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/10/21/15553371/terpanggil-untuk-membangun-masyarakat-ada-beasiswa-khusus-ke-amerika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke