Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanpa Persiapan, Kuliah di Belanda Cuma Jadi Impian...

Bukan cuma soal jurusan dan kampusnya, pengeluaran harian selama tinggal di Belanda, angkutan umum, buku, pakaian, bahkan tiket bioskop perlu jadi gambaran, apalagi soal biaya akomodasi dan asuransi.

Sebutlah, kalau Anda memiliki pemasukan terbatas, misalnya hanya dari beasiswa, Anda perlu tahu bahwa sepertiga dari biaya itu akan dikeluarkan untuk akomodasi. Rata-rata biaya kamar di Belanda bisa menghabiskan antara €300 hingga €600 sebulan.

Urusan makan juga mestinya menjadi perhatian. Pasalnya, makanan diperkirakan juga akan menghabiskan sepertiga uang Anda.

Beruntungnya, sebagian besar lembaga pendidikan tinggi di Belanda menyediakan makanan panas dengan harga terjangkau. Banyak kota di Belanda menyediakan kafe atau kedai untuk memperoleh makanan yang baik dengan harga murah. Tapi tentu, yang termurah itu adalah memasak makanan sendiri.

Lalu, kira-kira apa lagi yang perlu Anda ketahui?

Tentu saja banyak! Mulai persiapan bahasa Inggris, metode pengajaran, fasilitas dan banyak hal lainnya perlu Anda tahu.

Di pameran ini Anda bisa tahu banyak soal pilih kampus dan jurusan yang tepat buat Anda! Pasalnya, sebagian besar perwakilan universitas Belanda hadir di acara ini.

"Karena di acara ini peserta pameran bisa tanya apa saja soal informasi yang dibutuhkan langsung ke pihak kampusnya, soal biaya, dinamika belajar, beasiswa, dan sebagainya. Ini kesempatan langsung bertanya ke pihak kampusnya," ujar Inty Dienasari, Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia.

Selain itu, pelajar yang hari ini datang ke Dutch Placement Day bisa mengikuti simulasi tes IELTS gratis dan belajar cata membuat Motivation Statement yang bagus, termasuk untuk mencari info beasiswa studi di Belanda.

"Akan ada presentasi perwakilan kampus dan presentasi bermacam beasiswa di pameran ini. Siapa pun bisa bertanya langsung supaya lebih jelas," tambah Inty.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/01/14370211/tanpa-persiapan-kuliah-di-belanda-cuma-jadi-impian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke