Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Guru Nasional, 4 Inspirasi Penguatan Literasi Dasar di Kelas

KOMPAS.com - Saat ini, salah satu tantangan di dunia pendidikan Indonesia adalah rendahnya kemampuan literasi dasar di mana anak-anak masih tertinggal dari negara-negara tetangganya di wilayah ASEAN.

Hal ini nampak dalam studi internasional yang menguji dan membandingkan prestasi anak-anak sekolah di seluruh dunia (PISA, 2015 ; PIRLS, 2011 ).

Meski demikian, program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (Inovasi) di akhir tahun 2019 mencatat dengan model pelatihan pedagogi tepat, kompetensi guru bisa menjadi lebih baik dan kemampuan literasi siswa terbukti bisa meningkat.

Hal ini adalah berdasarkan studi akhir pelaksanaan program peningkatan mutu pembelajaran yang dilakukan Inovasi di Provinsi NTB, NTT, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur.

Literasi jadi pondasi

Presiden Joko Widodo dalam kerangka pembangunan SDM unggul mengatakan kemampuan dasar anak-anak Indonesia harus terus dibangun, dan kemampuan literasi, matematika, dan sains akan menjadi pijakan bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kemampuan literasi ini menjadi pondasi untuk semua pembelajaran yang menjadi prasyarat kecakapan hidup abad ke-21.

Secara sederhana, tidak mungkin mempersiapkan anak-anak muda menghadapi dunia kerja di masa mendatang apabila tidak lebih dahulu mendapatkan dasar kuat di bidang literasi dan numerasi di kelas-kelas awal SD yang menjadi jenjang awal dari pendidikan dasar sembilan tahun.

Anak-anak yang belum memiliki kemampuan literasi baik akan cepat tertinggal dari teman-temannya di seluruh bidang pembelajaran, dan ketimpangan ini semakin melebar seiring waktu.

Dalam proses pembelajaran di kelas, peran guru sangat besar dalam pencapaian prestasi siswanya.

3 masalah literasi daerah

Inovasi, program kemitraan pemerintah Australia dan Indonesia sejak tahun 2016, berupaya memahami cara-cara yang berhasil maupun yang tidak berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, di 17 kabupaten yang ada di empat provinsi.

Pada periode September 2018-Juli 2019, sebanyak 54 program dengan berbagai tema intervensi dilaksanakan, yaitu literasi kelas awal, kepemimpinan sekolah, kelas rangkap, transisi bahasa ibu di kelas, serta pendidikan inklusif-disabilitas dan keterlibatan masyarakat.

Berdasarkan hasil pelaksanaan program, Inovasi mencatat beberapa hal terkait kualitas pengajaran dan hasil pembelajaran:

Tiga masalah utama yang berkontribusi terhadap rendahnya hasil belajar siswa untuk literasi, yaitu:

1. Kurikulum tidak memuat aspek mengajar membaca untuk siswa kelas awal, dengan asumsi anak yang terdaftar di SD sudah bisa membaca.

2. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengajarkan literasi di kelas awal; dan

3. Terbatasnya akses ke bahan bacaan yang menarik dan sesuai dengan usia anak, terutama di daerah terpencil.

Namun demikian, dengan konsep dan model pelatihan pedagogi yang tepat, kemampuan literasi siswa terbukti bisa meningkat. Tren tersebut ditemukan terjadi di NTB, NTT, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur.

4 terobosan penguatan literasi 

Pada prinsipnya guru menerapkan pengetahuan tentang teknik-teknik mengajarkan literasi di kelas awal, diantaranya menggunakan buku besar, mengajarkan kesadaran fonologis, membaca kata dan memahami bacaan.

Studi akhir menemukan peningkatan kualitas proses pembelajaran di kelas, diantaranya: 

1. Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan konsep yang diajarkan;

2. Guru menggunakan pendekatan yang berfokus pada anak;

3. Kelas memiliki pojok baca; dan

4. Kelas memajang media belajar seperti alat peraga, poster, peta, atau sumber belajar lainnya yang membuat anak selalu terpapar pada media literasi.

Proses pembelajaran yang lebih baik ini berkontribusi pada meningkatnya kemampuan literasi siswa.

Inovasi mencatat bahwa meskipun kemampuan literasi dasar siswa telah meningkat, diperlukan upaya lebih dari meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa.

Untuk itu, di tahap kedua, Inovasi memberikan pelatihan metode pengajaran lebih baik, seperti melakukan pemetaan kemampuan literasi siswa, menerapkan pembelajaran berbeda (differentiated learning), membaca terbimbing dan meningkatkan pemahaman bacaan.

Selain itu  ketrampilan yang mengarah kepada pemahaman dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), dan didukung dengan akses ke buku bacaan yang sesuai.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/25/16441741/hari-guru-nasional-4-inspirasi-penguatan-literasi-dasar-di-kelas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke