Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hal Penting Saat Pilih Jurusan Kuliah, "Ambyar" bila Salah Pilih

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah atau program studi (prodi) bukan perkara mudah dan main-main. Hal ini tidak saja menentukan perjalanan kita selama menempuh studi namun juga menentukan masa depan.

Salah memilih jurusan kuliah bisa membuat rencana yang kita susun bisa ambyar, hancur tercerai-berai. Kita akan merasa berat dalam menjalani kuliah karena tidak sesuai dengan harapan, atau bahkan mengacaukan masa depan yang sudah kita impikan.

Ada beberapa hal penting perlu diperhatikan dalam memilih jurusan kuliah. Seperti disampaikan Rencanamu.id, berikut 6 hal penting perlu kamu perhatikan agar tidak salah dalam memilih jurusan kuliah atau prodi:

1. Yang dipelajari

Ini hal standar dan dasar untuk kamu ketahui. Jangan sampai kamu memilih jurusan Teknik Informatika kalau kamu nggak tahu bedanya dengan Teknik Komputer. Duh, beda banget, loh.

Kamu nggak perlu tahu semua mata kuliah yang ada dalam jurusan incaran tapi setidaknya kamu perlu punya bayangan kelas yang nanti akan dijalani. Ada, loh yang mengira jurusan Psikologi bebas dari hitung-hitungan, padahal di jurusan Psikologi, mata kuliah statistik (yang isinya hitungan) menjadi salah satu mata kuliah penting di jurusan tersebut.

2. Karir dan pekerjaan

Apa saja profesi atau pekerjaan yang sejalan dengan jurusan ini? Memang kita tidak bisa memastikan 100 persen semua lulusan jurusan A pasti kerja di bidang A juga. Tetapi, setidaknya informasi ini bisa menjadi gambaran tentang masa depan prodi yan kamu pilih.

2. Akreditasi

Bagaimana akreditasi atau nilai jurusan di universitas yang dituju? Biasanya, tiap universitas memiliki jurusan unggulan atau jurusan yang akreditasinya paling bagus.

Nah, kamu perlu tahu, tuh, bagaimana “status” jurusan incaran kamu. Akreditasi setidaknya akan memberikan gambaran kualitas universitas atau prodi yang kamu pilih.

3. Fasilitas

Bagaimana fasilitas yang mendukung perkuliahannya? Kalau kamu berencana memilih, misalnya, jurusan Penyiaran atau Desain Komunikasi Visual, kamu perlu cari tahu, apa saja peralatan dan fasilitas pendukung perkuliahan yang disediakan universitas.

4. Biaya

Biaya kuliahnya berapa? Walaupun universitasnya sama, biaya kuliah bisa berbeda-beda antara berbagai jurusan dan angkatan. Jadi ketahui persis detail biaya yang diperlukan jurusan incaran kamu sehingga kamu dan orangtua bisa merencanakan dengan matang.

5. Persaingan

Cari tahu berapa orang mendaftar di jurusan incaran kamu tahun lalu, lalu cari tahu jumlah kursi tersedia. Kalau jumlah peminatnya jauh lebih tinggi daripada kursi tersedia, berarti jurusan itu kompetitif.

Dengan mengetahui peta persaingan, kamu jadi bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.

5. Waktu kuliah

Umumnya kuliah program S1 dijalani selama empat tahun, sedangkan program D3 selama tiga tahun. Tapi ada jurusan memiliki sistemnya beda. Nah, info ini perlu kamu ketahui dulu sebelum memutuskan mendaftar ke mana.

6. Syarat khusus

Syarat dan ketentuan khusus juga sangat krusial, apalagi beberapa jurusan punya ketentuan spesifik. Misal ada beberapa prodi mensyratkan kondisi kesehatan khusus atau memiliki kemampuan tertentu.

Jangan sampai kamu daftar dan lolos tes, tapi batal masuk gara-gara kurang memenuhi syarat. 

https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/29/20400881/6-hal-penting-saat-pilih-jurusan-kuliah-ambyar-bila-salah-pilih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke