Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Jurusan Kuliah Penting untuk Terjun di Bisnis Digital

KOMPAS.com - Jurusan kuliah terkait bisnis digital kini banyak dilirik. Bisnis digital diharapkan menjadi titik tumpu perekonomian ekonomi Indonesia di masa mendatang. keberhasilan unicorn Indonesia menjadi salah satu tolak ukurnya.

Jika kamu tertarik terjun di bisnis digital, pilihan jurusan kuliah atau program studi apa yang sebaiknya dipilih?

Berdasarkan Rencanamu.id, ternyata pilihan jurusan kuliah atau prodi untuk terjun ke bisnis digital tidak melulu harus berkaitan dengan komputer dan teknologi. Berikut 6 jurusan kuliah atau prodi yang bisa kamu pilih agar siap terjun di bisnis digital: 

1. Prodi komputer dan teknologi

Industri digital berhubungan erat dengan bahasa pemrograman sehingga kalau kamu ingin terjun ke industri digital, prodi paling pas adalah terkait dengan bidang bidang komputer dan teknologi, di antaranya adalah Sistem dan Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer dan Teknik Komputer.

Pada intinya, kalau kamu kuliah di salah satu bidang komputer dan teknologi, kamu akan lebih memahami bahasa pemrograman yang akan menjadi modal penting menjalani karier di industri digital.

Pasalnya, Pekerjaan ini tidak hanya  memastikan sistem yang sudah ada bisa tetap bekerja baik, tapi juga menciptakan inovasi baru.

Pilihan karier sesuai: Programmer Komputer, Analis Sistem Komputer, Web Developer, Developer Software, Aplikasi, Front End Developer, Full Stack Developer, Back End Developer dan Database Administrator.

2. Prodi ilmu bisnis 

Penguasaan tentang ilmu bisnis pasti sangat diperlukan guna mendongkrak performa perusahaan, termasuk di industri digital. Walaupun berbasis digital, kamu perlu ingat  industri ini juga tetaplah sebuah bisnis.

Itu mengapa, sebelum masuk ke industri ini tidak ada salahnya kamu belajar di program studi terkait dengan bisnis seperti Pemasaran Digital, Manajemen Bisnis dan Bisnis Digital.

Dengan ilmu yang kamu pelajari di program studi terkait bisnis, kamu bisa menganalisis pasar, menentukan target market serta mengembangkan strategi hingga produk yang mampu menarik konsumen di target tersebut.

Pilihan karier sesuai: Manajer Pemasaran Digital, Konsultan Bisnis, Manajer Pemasaran Produk, Perencana Bisnis Berkelanjutan, dan Analis Manajemen Bisnis.

3. Prodi statistika dan matematika bisnis

Dalam industri digital, data amat sangat bernilai dan diperlukan. Adanya data dan sistem pengolahan data baik akan menjadi informasi berguna untuk mengembangkan strategi bisnis dan operasional perusahaan.

Nah, buat kamu yang suka hitung-hitungan dan ingin bekerja di industri digital, program studi Statistika dan Matematika Bisnis bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu sebab dua program studi ini sangat dibutuhkan untuk menganalisis data perusahaan hingga menganalisis dinamika pasar digital.

Pilihan karier sesuai: Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran, Analis Data, Ahli Statistik, dan Spesialis Matematika.

4. Prodi ilmu komunikasi

Selain keahlian komputer, industri digital juga membutuhkan keahlian dari keilmuan sosial, salah satunya adalah program studi Ilmu Komunikasi.

Di program studi Ilmu Komunikasi, kamu tidak hanya mempelajari bagaimana caranya mengobrol dengan orang lain. Kamu juga akan mempelajari bagaimana membuat perencanaan marketing dan penyajian konten tepat untuk target market.

Itulah kenapa, kemampuan berkomunikasi menjadi keahlian sangat penting karena perusahaan membutuhkan perantara menyampaikan produknya kepada para konsumen dengan cara yang tepat dan kreatif.

Pilihan karier sesuai: Hubungan Masyarakat, Manajer Pemasaran, Telemarketer, Perencana Meeting, Convention dan Acara serta Content Writer.

5. Prodi desain komunikasi visual

Setelah perencanaan dan strategi bisnis marketing tepat dan teknologi serta inovasi unik, ujung tombak terakhir adalah mengemasnya ke dalam visual kreatif menarik sehingga konsumen semakin tertarik untuk membeli produk atau menggunakan bisnis yang sudah dibuat bukan.

Maka, mengambil program studi Desain Komunikasi Visual jadi pilihan tepat untuk kamu ambil kalau ingin bekerja di industri digital.

Pilihan karier sesuai: UI/UX Designer, Desainer Grafis, serta Animator dan Seniman Multimedia.

6. Prodi psikologi

Terakhir, program studi selanjutnya yang bisa kamu ambil kalau ingin bekerja di industri digital adalah psikologi. Mengapa psikologi? Ternyata program studi Psikologi punya peranan penting dalam mengembangkan bisnis.

Psikologi dibutuhkan untuk memahami tipe produk dan inovasi apa yang memang betul-betul dibutuhkan konsumen.

Dengan kata lain, ilmu Psikologi akan sangat membantu dalam pembuatan ide dan mengeksekusinya ke dalam sebuah strategi tepat, sesuai dengan consumer journey dan consumer behavior.

Koridor-koridor ilmu psikologi akan membantu dalam penerapan ide yang akan dieksekusi dalam perusahaan agar tepat guna karena memang berkaitan dengan user experience dari konsumen.

Pilihan karier sesuai: Peneliti Survei, Manajer Produk, dan Manajer Pengembangan Bisnis.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/30/08005251/6-jurusan-kuliah-penting-untuk-terjun-di-bisnis-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke