Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DQLab Gelar "DQLab Data Champion", Yuk Ikut untuk Mulai Karier Praktisi Data!

KOMPAS.com - Meningkatnya kebutuhan praktisi menjadi peluang besar bagi kamu yang memang senang bergelut dengan data.

Untuk mengasah kemampuan data agar skill yang dimiliki semakin kompeten, DQLab menggelar DQLab "Data Champion" yang merupakan ajang kompetisi data menghadirkan studi kasus riil dan diberikan langsung pakar data dari industri.

Kompetisi data yang digelar DQLab merupakan wadah mempersiapkan members DQLab dalam memulai karier sebagai praktisi Data Engineer, Data Analyst, dan Data Scientist yang mumpuni di bidangnya.

Posisi pekerjaan Data Science memiliki peran penting dalam suatu perusahaan. Selain untuk melihat kebaruan ide bisnis, seorang Data Scientist pun memiliki kendali dalam memberikan solusi dari suatu permasalahan perusahaan. Penting sekali, bukan?

Saat ini ada 3 profesi di bidang Data Science yang dapat kamu geluti. Namun, setidaknya kamu perlu mengenal 3 profesi ini lebih dahulu:

1. Data Engineer

Tugas utama seorang Data Engineer yaitu mengembangkan dan membuat desain arsitektur manajemen data, serta memonitor data di suatu perusahaan.

Dengan demikian, Data Engineer memiliki peran dalam membangun dan mengoptimalkan sistem yang memungkinkan para Data Scientist dan Data Analyst untuk melakukan pekerjaan mereka.

2. Data Analyst

Fokus pekerjaan dari Data Analyst adalah membersihkan, menganalisis, dan membuat visualisasi data. Data Analyst harus mampu menghasilkan ide guna memajukan bisnis, dan kemudian melakukan pengujian sehingga dapat menentukan langkah selanjutnya.

Memiliki skill dalam penyelesaian masalah dengan baik merupakan poin penting yang harus dimiliki dalam posisi pekerjaan Data Science. Mengapa demikian? Karena posisi pekerjaan Data Science sangat memengaruhi keputusan perusahaan untuk ke depannya.

3. Data Scientist

Data Scientist dalam suatu perusahaan memiliki posisi cukup penting. Pasalnya, tugas yang dilakukan seorang Data Scientist ialah membersihkan, memproses, dan mengolah data besar.

Tidak hanya itu, posisi pekerjaan Data Scientist juga melakukan uji coba model data yang bertujuan memberi masukan terkait strategi manajemen selanjutnya secara tepat.

Memiliki skill komunikasi yang baik juga penting. Seorang Data Scientist harus mampu mengomunikasikan data dengan sederhana dan jelas. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan hasil pengolahan data tanpa menimbulkan kesalahpahaman dan hasil data yang disampaikan pun valid.

Ingin mempelajari posisi pekerjaan Data Science? Bisa!

Dqlab.id memberikan kesempatan kepada kamu untuk mengikuti "DQLab Data Champion" yang menyediakan kompetisi data terkait Data Engineer, Data Analyst, dan Data Scientist.

Bangun portofolio kamu dan wujudkan mimpi untuk menjadi seorang Data Scientist yang mumpuni melalui ajang dqlab.id!

https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/13/11574491/dqlab-gelar-dqlab-data-champion-yuk-ikut-untuk-mulai-karier-praktisi-data

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke