Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beasiswa Penuh S2/S3 Plus Tunjangan Rp 269 Juta di Oxford University

KOMPAS.com - Buat kamu yang bermimpi kuliah di Inggris, tidak ada salahnya mencoba tawaran Beasiswa Clarendon untuk melanjutkan studi S2 dan S3.

Beasiswa luar negeri ini merupakan beasiswa penuh (full scholarships) dan menawarkan 130 kuota mahasiswa inetrnasional, termasuk Indonesia, setiap tahunnya.

Beasiswa Clarendon terbuka bagi semua jurusan yang ada di Oxford, meliputi jenjang Master (MPhil, BPhil, MSc, MSt, MBA, MFE) dan jenjang doktoral (DPhil). Terbuka untuk program full-time maupun part-time.

Dalam beasiswa S2/S3 luar negeri ini, bidang studi ditawarkan meliputi bidang humaniora, ilmu kesehatan, ilmu sosial, serta matematika fisika dan biologi.

Di bidang humaniora, kamu bisa memilih jurusan-jurusan, seperti seni, sejarah, linguistik, filsafat, dan teologi. Di bidang ilmu matematika, fisika, dan biologi, kamu bisa memilih seperti kimia, ilmu komputer, ilmu bumi, matematika, fisika, ilmu tumbuhan, dan lain-lain.

Di bidang ilmu kesehatan, kamu bisa memilih jurusan-jurusan seperti kedokteran, psikologi eksperimen, ortopedia, pediatri, patologi, psikiatri, dan lainnya.

Di bidang ilmu sosial, kamu bisa memilih jurusan-jurusan seperti antropologi dan etnografi museum, arkeologi, bisnis, kriminologi, ekonomi, edukasi, geografi dan lingkungan, global dan studi area, pemerintahan, dan lainnya.

Cakupan Beasiswa

1. Gratis biaya perkuliahan keseluruhan selama masa studi.

2. Tunjangan biaya hidup tahunan minimal 15,009 poundsterling (± Rp 269 juta).

3. Bagi peserta program part-time akan mendapatkan hibah untuk membantu biaya kebutuhan lainnya.

Persyaratan dan Kriteria Seleksi

1. Terbuka untuk peserta dari berbagai negara, termasuk Indonesia.


2. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris, yaitu IELTS min. 7 (dengan nilai min. 6,5 per komponen), TOEFL iBT min. 100 (Listening: 22, Reading: 24, Speaking: 25, Writing:24), CPE min. 185 (min. 176 per komponen), atau CAE min. 185.

Pada saat pendaftaran awal, tidak wajib melampirkan bukti kemampuan bahasa Inggris. Namun, jika peserta sudah mendapatkan LoA dari program studi yang dituju, biasanya diharuskan untuk menyerahkan skor bahasa Inggris.

3. Memenuhi persyaratan serta berkas dokumen diminta dari masing-masing program studi yang dipilih.

4. IPK minimal 3.70 dari skala 4.00 atau memiliki catatan akademik yang memuaskan. Jika ada, cantumkan juga bukti/sertifikat penghargaan dari universitas, publikasi yang dimiliki, serta informasi mengenai posisi peserta dalam suatu kelompok.

5. Kemampuan dalam bidang studi yang dilamar. Penilaian akan dilakukan berdasarkan surat referensi, proposal riset, menunjukkan kemampuan dalam melakukan penelitian, serta kemungkinan kontribusi yang akan dilakukan pada bidang studi yang dipilih.

6. Motivasi peserta. Penilaian akan dilakukan berdasarkan bukti komitmen pada bidang studi yang dipilih serta hasil evaluasi personal statement dan surat rekomendasi.

Cara Mendaftar

1. Kamu bisa mendaftarkan diri pada program studi yang dipilih di University of Oxford melalui link website.

2. Kamu bisa memilih program studi diminati, kemudian baca persyaratan dan cara pendaftaran yang tersedia pada halaman tersebut (Persyaratan masing-masing program studi berbeda-beda).

3. Masa pendaftaran berlaku antara tanggal 10 sampai 24 Januari 2020, sesuai deadline masing-masing program studi.

4. Kamu tak perlu formulir pendaftaran khusus untuk mendaftar beasiswa tersebut, karena staf akademik dari masing-masing program studi akan menentukan kandidat Beasiswa Clarendon.

5. Bila terpilih menjadi kandidat beasiswa, kamu akan dihubungi pihak kampus via e-mail sekitar April 2020.

6. Apabila sampai Juni 2020 tak mendapatkan pemberitahuan apa pun, artinya kamu belum berhasil lolos seleksi Beasiswa Clarendon.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Clarendon 2020 dan tautan pendaftaran kuliah di University of Oxford dapat mengunjungi laman resminya: www.ox.ac.uk/clarendon.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/18/14143711/beasiswa-penuh-s2-s3-plus-tunjangan-rp-269-juta-di-oxford-university

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke