Salin Artikel

5 Tips Liburan Sekolah Hemat Bersama Keluarga

KOMPAS.com - Liburan bersama keluarga terutama saat liburan sekolah seperti sekarang ini adalah satu hal yang perlu dilakukan. Apalagi jika kedua orangtua adalah pasangan pekerja. Tentu meluangkan waktu bersama anak menjadi impian tersendiri.

Saat musim liburan sekolah di akhir tahun ini, anak-anak pasti ingin berlibur atau melakukan perjalanan ke suatu objek wisata. Hanya saja, berlibur bersama seluruh keluarga meembutuhkan biaya tidak sedikit.

Misalnya saja mahalnya harga tiket pesawat, hotel atau sewa akomodasi, makanan dan biaya lainnya.

Untuk itu, berikut adalah tips merencanakan liburan hemat bersama keluarga. Dikutip dari Travel and Leisure, Minggu (30/6/2019), ini 5 cara menghemat biaya liburan bersama keluarga.

1. Susun jadwal dengan fleksibel

Tak ingin dapat harga tiket mahal, maka Anda harus susun jadwal liburan dengan fleksibel. Menurut Devon Nagle, Kepala Bidang Komunikasi Priceline menjelaskan, liburan harus direncanakan pada tengah pekan ketimbang akhir pekan untuk dapat harga yang lebih miring.

"Pilih destinasi Anda, kemudian cek biaya hotel untuk durasi liburan beberapa kali agar dapat tarif termurah. Bandingkan biaya untuk periode menginap yang dimulai pada satu atau dua hari sebelumnya, atau akhiri menginap pada satu atau dua hari dari rencana awal. Penghematannya bisa lumayan," ujar Nagle.

2. Memilih akomodasi di pinggir kota

Menghemat biaya bisa dilakukan dengan memilih akomodasi penginapan yang lokasinya di pinggir kota, bukan di tengah kota. Jika ingin ke tempat wisata pusat kota, maka Anda bisa naik transportasi umum.

Manfaat pilih penginapan di pinggir kota yakni lebih tenang suasananya. Bahkan Anda bisa melihat bagian kota yang tidak direncanakan tetapi justru mengesankan.

3. Cari-cari promo

Sekarang, banyak informasi promo bisa didapatkan dari mana saja. Bisa lewat media sosial, e-mail, hingga aplikasi yang dapat Anda manfaatkan. Jadi, mulailah mencari-cari promo agar bisa menghemat biaya pengeluaran.

4. Pesan tiket jauh-jauh hari

Untuk dapat harga menarik bisa dilakukan dengan memesan tiket atau penginapan jauh-jauh hari. Namun terkadang memesan di hari-hari terakhir sebelum perjalanan juga kerap menguntungkan. Sebab, ada saja diskon yang ditawarkan.

"Kadang hotel yang mewah kerap menawarkan diskon. Kadang lebih dari separuh harga bagi yang memesan hotel berdasarkan peringkat bintang dan lokasinya, daripada nama hotel itu," kata Nagle.

5. Pilih penginapan yang ada dapurnya

Selain akomodasi, ada biaya yang tak kalah besar, yakni makanan. Karena itulah Anda bisa menghemat biaya dengan cara memilih penginapan yang tepat.

Menurut James Kaiser, seorang penulis buku panduan perjalanan mengatakan, biaya makan di restoran tentu bisa mahal.

"Untuk menghemat uang adalah menginap yang ada fasilitas dapur. Namun jika hal itu tidak mungkin, maka belanjalah makanan-makanan dasar di pasar swalayan untuk sarapan seperti roti atau sereal. Untuk makan siang dan malam bisa di luar," jelas Kaiser.

(Penulis dan Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan) 

https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/21/16055691/5-tips-liburan-sekolah-hemat-bersama-keluarga

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.