Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Bangun Karier Saat Lulus Kuliah di Tahun 2020

KOMPAS.com - Tantangan lulusan tahun 2020 kian semakin besar. Tahun baru 2020, ada beberapa bidang pekerjaan diprediksi banyak diminati. Hal ini terkait perkembangan pasar kerja dan tuntutan kecepatan dalam bekerja di era Revolusi Industri 4.0.

Sebagai pencari kerja, kamu harus mempersiapkan diri. Selain karena pekerjaan lebih spesifik, memiliki gelar sarjana saja tidak akan cukup.

Karenanya, menemukan cara untuk menjadi lebih berkualitas sebagai pelamar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya harus dilakukan.

Dikutip dari laman karir Institut Teknologi Bandung (ITB), berikut 4 cara mempersiapkan diri membangun karir di tahun 2020.

1. Menjadi ahli pada bidangnya

Sebagai pekerja biasanya banyak orang mengharapkan imbalan yang baik serta jalur karir yang lebih cerah.

Untuk mendapatkannya maka orang itu harus memberikan yang terbaik pula bagi perusahaan. Perusahaan akan memberikan imbalan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Maka, menjadi ahli atau yang terbaik pada bidangnya adalah salah satu cara agar Anda dapat berkembang di tahun 2020. Temukan keahlian secara spesifik, dan dalami keahlian tersebut sampai menguasainya.

2. Mulailah dari sekarang

Hal pertama yang dilakukan untuk menghadapi karir di tahun 2020 adalah meningkatkan diri sendiri. Sebab, akan ada lebih banyak pekerjaan dan bagian-bagian penting untuk diisi.

Bahkan lebih banyak pelamar pula dengan kemampuan lebih baik yang berusaha untuk mengisi bagian-bagian itu. Agar tetap fokus, meningkatkan kemampuan diri dari sekarang perlu dilakukan.

Caranya ialah mulai ikut kursus-kursus tertentu, mengambil pendidikan formal lagi hingga belajar otodidak dari internet. Semua harus dilakukan mulai dari sekarang. Jangan menunda-nunda.

3. Siap hadapi robot

Di tahun 2020 adalah masa penggantian sebagian besar tenaga kerja oleh robot. Banyak pekerjaan yang akan berubah dan tidak membutuhkan manusia lagi karena adanya robot.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut tentu harus dihindari di tahun 2020. Jadi, mulailah melakukan riset tentang pekerjaan apa saja yang akan dibutuhkan untuk tahun 2020 yang sekiranya tidak akan bisa digantikan oleh robot.

Akan tetapi, banyak pula pekerjaan baru khususnya yang berhubungan dengan teknologi. Di sinilah peluangnya. Munculnya pekerjaan-pekerjaan baru artinya belum banyak orang yang ahli pada pekerjaan tersebut. Maka ambil peluang atau kesempatan itu.

4. Matangkan keterampilan

Kunci keberhasilan dalam mempersiapkan diri di tahun 2020 adalah mematangkan keterampilan. Semakin Anda ahli dalam suatu bidang, maka semakin Anda dibutuhkan oleh perusahaan.

Dengan memiliki keterampilan yang maksimal, bahkan robot sekalipun tidak bisa menggantikan posisi Anda.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/31/09522681/4-cara-bangun-karier-saat-lulus-kuliah-di-tahun-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke