Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendaftaran Akun LTMPT Ditutup, Ini Rangkaian Tahapan SNMPTN 2020

KOMPAS.com - Tahapan SNMPTN 2020 sudah dimulai dengan pendaftaran akun registrasi LTMPT.

Panitia LTMPT menutup pendaftaran akun registrasi LTMPT untuk SNMPTN 2020 pada Kamis (9/1/2020) pukul 17.00 WIB.

Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi PTN berdasarkan nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya sesuai yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya ditanggung oleh pemerintah.

Setiap peserta SNMPTN wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmp t.ac.id.

Proses seleksi SNMPTN dimulai dari pendaftaran akun registrasi LTMPT. Setelah pendaftaran akun registrasi, tahapan selanjutnya yaitu pengisian PDSS (Pangkalan Data Siswa dan Sekolah).

Simak tahapan SNMPTN 2020 selanjutnya seperti dirangkum dari beberapa sumber.

1. Pengisian PDSS

Tahapan selanjutnya setelah memiliki akun LTMPT adalah pengisian PDSS. Sekolah melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS.

Sekolah harus memastikan bahwa NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) beserta data tentang Sekolah sudah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemdikbud.

Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS melalui https://portal.ltmpt.ac.id.

Berdasarkan jadwal yang dirilis LTMPT, pengisian Data PDSS oleh sekolah dapat dilakukan pada tanggal 13 Januari – 06 Februari 2020.

2. Pemeringkatan siswa oleh sekolah

Pemeringkatan siswa oleh sekolah dilakukan berdasarkan beberapa kriteria yaitu akreditasi sekolah dan nilai rapor semester 1-5.

SMA dengan akreditasi A akan diberikan kuota 40 persen siswa terbaik. SMA dengan akreditasi B akan diberikan kuota 25 persen siswa terbaik dan akreditasi C untuk 5 persen siswa terbaik.

Kriteria nilai rapor semester 1 – 5 berlaku untuk 6 mata pelajaran. Mata pelajaran yang dinilai yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi untuk jurusan IPA.

Untuk Jurusan IPS yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Untuk Jurusan Bahasa yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan bahasa asing lainnya.

Sementara untuk SMK yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta mata pelajaran teori dan praktik pada kejuruan masing-masing.

Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.

Pemeringkatan siswa oleh sekolah dilakukan mulai tanggal 13 Januari - 06 Februari 2020

3. Pengumuman dan pendaftaran peserta eligible 

LTMPT melalui PDSS akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2020 sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah sekolah melakukan finalisasi PDSS.

Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password login ke laman LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Pengumuman Siswa yang Eligible mendaftar SNMPTN 2020 dimulai 13 Januari – 06 Februari 2020.

4. Pemilihan PTN dan Program Studi

Pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN. Pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau masing-masing satu prodi dalam dua PTN.

Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Siswa juga wajib mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Pendaftaran SNMPTN dilakukan mulai tanggal 11 - 25 Februari 2020,

5. Pengumuman SNMPTN 2020

Pengumuman hasil SBMPTN 2020 akan diumumkan pada 4 April 2020.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/09/20234811/pendaftaran-akun-ltmpt-ditutup-ini-rangkaian-tahapan-snmptn-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke