Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Proses Seleksi SNMPTN 2020?

KOMPAS.com - SNMPTN 2020 sudah di depan mata. Buat kamu yang telah memiliki akun LTMPT, persiapkan segala persyaratan dokumen yang dibutukan.

Dokumen yang dibutuhkan seperti pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan jika ada. Dokumen-dokumen tersebut dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran SNMPTN serta menjadi poin tambahan penilaian.

Lalu bagaimana proses seleksi SNMPTN? Kompas.com merangkum proses seleksi SNMPTN dari berbagai sumber.

Berikut proses seleksi secara lengkapnya.

1. Pemeringkatan siswa oleh sekolah

Tak semua siswa bisa jadi peserta SNMPTN. Kamu akan diseleksi dari sekolah berdasarkan beberapa kriteria yaitu akreditasi sekolah dan nilai rapor semester 1-5.

Kriteria nilai rapor semester 1 – 5 berlaku untuk 6 mata pelajaran. Buat kamu yang sekolah di jurusan IPA, mata pelajaran yang dinilai yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Untuk Jurusan IPS yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Untuk Jurusan Bahasa yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan bahasa asing lainnya.

Sementara untuk SMK yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta mata pelajaran teori dan praktik pada kejuruan masing-masing.

2. Akreditasi Sekolah

Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah akan ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2020 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah.

SMA dengan akreditasi A akan diberikan kuota 40 persen siswa terbaik. SMA dengan akreditasi B akan diberikan kuota 25 persen siswa terbaik dan akreditasi C untuk 5 persen siswa terbaik.

3. Penambahan kriteria

Sekolah juga diberikan kesempatan untuk menambahkan kriteria lain untuk memeringkatkan siswa.

Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.

4. Penilaian akademik dan prestasi

Prinsip seleksi yang dilakukan oleh LTPMT berdasarkan prinsip yaitu mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih.

LTMPT juga memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah serta menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

5. Tahapan seleksi

Seleksi dilakukan dengan tahapan yaitu siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.

Bagi siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/09/20303931/bagaimana-proses-seleksi-snmptn-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke