Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tertarik Kuliah Akademi Angkatan Udara? Ini Informasi Lengkapnya

KOMPAS.com - Tertarik kuliah di AAU (Akademi Angkatan Udara)? Sebelumnya kamu harus memahami dan mengenal betul apa itu AAU. Sebab di AAU kamu tak sekadar kuliah saja melainkan juga dididik menjadi seorang perwira.

Jadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenal lebih dekat dan mempelajari AAU.

Dikutip dari laman resmi AAU, aau.ac.id, Akademi Angkatan Udara (AAU) adalah salah satu badan pelaksana pusat TNI AU yang menyelenggarakan program studi pendidikan vokasi (Diploma IV).

AAU merupakan lembaga pendidikan pertama perwira sukarela tingkat akademi yang menghasilkan perwira TNI AU.

Perwira hasil didik AAU diharapkan mampu mengemban tugas sebagai Prajurit TNI AU serta terus dapat mengembangkan kemampuannya sejalan dengan perkembangan teknologi sistem senjata TNI AU.

Visi AAU

Menjadi perguruan tinggi militer yang unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan bertaraf Internasional, melahirkan pemimpin berkarakter, berintegritas, profesional, modern, dan berwawasan kebangsaan.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis militer meliputi:

  • Membentuk perwira berkarakter sebagai pemimpin masa depan untuk mengabdi kepada negara dan bangsa melalui TNI AU.
  • Menyelenggarakan dan meningkatkan kualitas maupun kuantitas pendidikan (pembelajaran, pelatihan, dan pengasuhan), penelitian dan pengabdian di bidang kedirgantaraan kepada bangsa dan negara selaku kekuatan pertahanan.

Mengembangkan tata kelola perguruan tinggi militer yang baik (good governance) secara berkelanjutan.

Sistem pendidikan AAU

AAU menerapkan Sistem Kredit Semester dalam penyelenggaraan pendidikan. Penerapan sistem ini dimaksud mencakup pula Satuan Kredit Semester (SKS).

Sistem Kredit Semester
Pada sistem ini, setiap mata kuliah diberi nilai kredit yang ditentukan berdasarkan besarnya usaha untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dinyatakan dalam program perkuliahan, praktikum, latihan, dan penyusunan tugas akhir.

Satuan Kredit Semester (SKS)
SKS ini adalah suatu ukuran yang digunakan dalam bentuk pengakuan atas beban studi Karbol, besarnya usaha yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu program, serta besarnya usaha yang diperlukan untuk menyelenggarakan pendidikan tingkat perguruan tinggi.

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (13/1/2020), Kepala Penerangan Akademi Angkatan Udara, Mayor Sus Sendang Arum Mahardani menjelaskan, Taruna dan Taruni akan menempuh pendidikan militer selama 4 tahun.

"Taruna dan Taruni tingkat I akan ikut bergabung dengan matra lain yakni TNI AD dan TNI AL di Akademi Militer (Akmil) Magelang. Mereka disana selama 6 bulan, barulah setelah itu kembali ke matra masing-masing. TNI AD tetap di Akmil, TNI AL ke AAL, dan TNI AU ke AAU," kata Mayor Sendang.

Catatan penting

Dalam masa pendidikan, kesempatan untuk mengulang (tinggal kelas atau tingkat/set back) hanya diberikan satu kali.

Apabila pada tahun berikutnya kembali tinggal kelas, karbol bersangkutan langsung dikeluarkan dari pendidikan karena dianggap tidak mampu dalam mengikuti pendidikan.

Jadi, kamu yang saat ini masih sebagai siswa yang duduk di bangku kelas 12 SMA/Sederajat harus benar-benar mempersiapkan diri. Baik fisik, psikis, mental juga intelektual.

Karena kamu setelah lulus dari AAU bakal dilantik Presiden RI untuk menjadi Perwira Remaja berpangkat Letnan Dua (Letda), serta memiliki gelar Sarjana Terapan Pertahanan atau S.Tr. (Han).

Jika sudah benar-benar yakin masuk AAU, maka kamu bisa mengikuti proses rekrutmen Taruna AAU 2020.

Pendaftaran:

1 Maret - 30 April 2020

Alur pendaftaran:

Buat akun baru di laman, https://diajurit.tni-au.mil.id/register

https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/13/13070151/tertarik-kuliah-akademi-angkatan-udara-ini-informasi-lengkapnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke