Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Bahasa Asing Paling Banyak Dicari di Dunia Kerja

KOMPAS.com- Bekerja di perusahaan multinasional bisa menjadi salah satu impian para mahasiswa semester akhir, bahkan bagi mereka yang telah memulai karier.

Seperti namanya, perusahaan multinasional merupakan perusahaan asing yang menjalankan bisnisnya dan memiliki kantor di sejumlah negara dengan jangkauan kerja internasional.

Tak jarang, para pegawai berprestasi di jenjang tertentu dapat ditempatkan di kantor pusat atau kantor cabang di luar negeri. Inilah salah satu alasan yang membuat perusahaan multinasional menjadi incaran banyak pelamar kerja, di samping penawaran gaji yang tinggi.

Bahasa Inggris memang menjadi bahasa asing yang wajib kamu kuasai bila ingin bekerja di perusahaan multinasional, bahkan perusahaan lokal.

Namun, selain bahasa Inggris, sejumlah perusahaan multinasional kini juga mengharapkan lulusan atau calon pegawai menguasai bahasa lain. Penguasaan bahasa tersebut membuat calon pegawai menjadi nilai lebih yang meningkatkan kemungkinan untuk diterima.

Berdasarkan laman resmi Rencanamu.id, berikut lima bahasa yang dianggap sangat mempengaruhi peluang mahasiswa saat akan berkarier di dunia bisnis internasional.

1. Bahasa Arab

Bahasa Arab digunakan sebagai bahasa nasional di kawasan Uni Emirat Arab (UEA) seperti Abu Dhabi dan Dubai. Bahasa Arab juga digunakan di 27 negara di Timur Tengah yang sektor bisnisnya kini berkembang pesat berkat kekayaan minyak bumi.

Dubai misalnya, kawasan yang kini dipenuhi gedung pencakar langit modern menawarkan banyak lapangan kerja bagi tenaga kerja asing, mulai dari sektor maskapai hingga pariwisata. Untuk bisa berkomunikasi dengan baik, maka salah satu bahasa yang perlu dikuasai untuk bekerja di Dubai ialah bahasa Arab.

Tak hanya Dubai, menguasai bahasa Arab juga bisa menjadi tiket masuk perusahaan dari negara-negara bersangkutan.

2. Bahasa Mandarin

Selain bahasa Inggris, bahasa Mandarin menjadi bahasa kedua yang perlu dikuasai saat akan melamar kerja di sejumlah negara, seperti Singapura, Hong Kong, Taiwan, Thailand, serta Malaysia.

Bahkan, pesatnya bisnis asal Tiongkok di Indonesia membuat bahasa Mandarin kini dibutuhkan saat kamu melamar ke sejumlah perusahaan.

Tak sekadar untuk berkomunikasi, menguasai bahasa Mandarin dianggap mampu menumbuhkan kedekatan emosional dengan pebisnis lain. Menguasai bahasa Mandarin akan memberikan kamu nilai lebih ketimbang calon pegawai lain yang tak menguasai bahasa ini.

3. Bahasa Jepang

Dari industri teknologi hingga otomotif, Jepang masih menjadi pemain bisnis dominan, terutama di Indonesia. Kesempatan diterima bekerja di perusahaan yang dipimpin langsung oleh orang-orang dari negeri Sakura akan lebih terbuka bila kamu menguasai bahasa Jepang.

Pasalnya, orang-orang Jepang sangat bangga akan bahasanya. Itulah mengapa, banyak pebisnis Jepang yang tak begitu mahir berbahasa Inggris. Jadi, saat ada calon pegawai dari negera lain yang menguasai bahasa Jepang, mereka akan sangat senang.

Perusahaan sangat menghargai usaha para calon pegawai yang bisa berbahasa Jepang walau hanya sekadar bahasa percakapan.

4. Bahasa Jerman

Jerman merupakan negara eksportir ketiga terbesar setelah Amerika Serikat dan China di industri otomotif, permesinan, bahan kimia, bahkan menjadi negara pionir green energy. Sejumlah perusahaan asal Jerman kini menjalani bisnis di Indonesia.

Selain itu, sekitar 16 persen penduduk Eropa menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa ibu. Sehingga menguasai bahasa Jerman dapat menjadi pilihan bila kamu ingin bekerja di perusahaan asal Jerman ataupun mendapat beasiswa.

Tak hanya kesempatan karier, Jerman menjadi negara yang banyak menawarkan beasiswa di beragam jenjang. Setelah lulus, penerima beasiswa kemungkinan besar akan mendapatkan tawaran kerja di sana.

5. Bahasa Perancis

Selain bahasa Inggris, bahasa Perancis menjadi salah satu bahasa yang cukup sering digunakan dalam sektor bisnis dan diplomasi. Perancis yang menjadi “kiblat” fashion dan kosmetik membuat negara ini menjalankan bisnis di banyak negara.

Walau penguasaan bahasa Perancis belum banyak dijadikan syarat masuk perusahaan, namun bila kamu ingin bekerja di perusahaan Perancis, maka menguasai bahasa Perancis akan memengaruhi karier kamu secara signifikan.

Pasalnya, penduduk Perancis sangat mencintai bahasanya rata-rata kurang senang bila diajak bicara menggunakan bahasa lain, walau sebenarnya mereka mengerti bahasa Inggris.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/14/15511471/5-bahasa-asing-paling-banyak-dicari-di-dunia-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke