Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rakor LLDikti Wilayah IV: Membangun Kolaborasi Merdeka Belajar di PTN dan PTS

KOMPAS.com - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) Wilayah IV, Jawa Barat dan Banten menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang diikuti sekitar 400 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). 

Universitas Pamulang menjadi tuan rumah gelaran acara ini dan berharap kegiatan ini dapat menjadi pemantik kolaborasi antara PTN dan PTS yang berada di LL-Dikti (dulu bernama Kopertis) di wilayah IV meliputi Banten dan Jawa Barat. 

“Melalui pertemuan ini teman teman dari PTN dan PTS saling menjalin silaturahmi serta menciptakan peluang kolaborasi guna menjalin kerjasama memajukan pendidikan tinggi yang lebih baik,” ujar Rektor Unpam Dayat Hidayat di Kampus Unpam, Tangerang Selatan, Banten, (16/1/2020).

Merdeka Belajar di pendidikan tinggi

Aris Junaidi, Plt Sekretaris Dirjen Dikti dalam kesempatan acara Rakor mendorong semangat "Merdeka Belajar" yang dicanangkan Mendikbud Nadiem Makarim dapat masuk dalam kehidupan pembelajaran di pendidikan tinggi.

"Jadi pertama, tadi sudah kami sampaikan bahwa mahasiswa diberi kebebasan sebagai (bagian) merdeka belajar," ujar Aris Junaidi.

Ia menambahkan, "Dosen sebagai dosen penggerak, sehingga tidak hanya monoton, tetapi juga terinovatif sebagai penggerak, sehingga mahasiswa benar-benar bisa terinspirasi secara terbuka."

Lebih jauh Aris Junaidi menyampaikan Merdeka Belajar diartikan bahwa belajar tidak hanya monoton, belajar hanya fokus kepada satu bidang ilmu, karena dunia di luar memerlukan kompetensi yang luar biasa.

Mahasiswa diberikan kebebasan untuk belajar di luar lingkup prodinya, sehingga mempunyai kompetensi khusus, keahlian khusus dan siap bersaing dan berkompetensi di dunia luar. Inilah yang menjadi semangat konsep Merdeka Belajar, tandasnya.

Dalam kesempatan sama, Kepala LL Dikti Wilayah IV Jawa Barat-Banten Uman Suherman mengharapkan melalui Rakor LL Dikti ini para pimpinan PTN dan PTS akan lebih cepat memahami dan menentukan strategi dalam upaya mencapai target kebijakan pemerintah melalui Kemendikbud.

Lebih lanjut dalam sambutan Aris Junaidi mengatakan Rakor LL Dikti Wilayah IV akan membahas berbagai program pendidikan tinggi kini dan mendatang.

Melalui rakor tersebut, Aris berharap pimpinan PTN dan PTS yang hadir dapat memahami kebijakan-kebijakan baru yang digagas Mendikbud Nadiem Makarim.

“Visi Presiden untuk mencetak SDM dan implementasinya di Kemendikbud akan menjadi program empat tahun ke depan. Jadi harapannya para pemimpin atau Rektor PTN dan PTS dapat siap bersama–sama dengan Kemendikbud mengutamakan mutu dan kualitas pendidikan tinggi kita bersama sama,” harap Aris.

“Rakor LL Dikti IV ini merupakan inisiatif yang sangat luar biasa, dan terima kasih kami kepada Universitas Pamulang sebagai host rakor ini,” kata Aris Junaidi.

Apresiasi terhadap Unpam selaku tuan rumah juga datang dari Kepala LL Dikti Wilayah IV, Uman Suherman, "Kami mengharapkan semua pimpinan perguruan tinggi perlu melihat Unpam, untuk apa, bukan harus sama dengan Unpam, tetapi kita akan mencari peluang apa yang bisa kita kerjasamakan atau dikolaborasikan guna meningkatkan mutu dan kualitasn pendidikan tinggi kita bersama sama.”

Menanggapi hal tersebut Rektor Unpam mengatakan Unpam menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam layanan di perguruan tinggi.

Ia berharap dengan kehadiran PTN dan PTS di Rakor ini akan dapat saling mengisi kekurangan dan meningkatkan perbaikan pelayanan pendidikan tinggi.

”Unpam bukan yang terbaik tetapi kita akan mencari kekurangan kita, kita saling menopang, serta berkolaborasi,” tutup Dayat.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/17/22090561/rakor-lldikti-wilayah-iv-membangun-kolaborasi-merdeka-belajar-di-ptn-dan-pts

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke