Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilih Akuntansi atau Manajemen? Intip Cakupan Studi dan Peluang Karier

KOMPAS.com – Akuntansi dan Manajemen merupakan dua prodi populer yang banyak diminati oleh lulusan IPS. Walau sama-sama masuk dalam Fakultas Ekonomi, ternyata cakupan studi keduanya cukup berbeda.

Memahami kedua prodi lebih dalam, termasuk prospek kariernya, dapat membantu kamu memilih prodi yang tepat sesuai dengan minat bakat, kemampuan akademis, serta pilihan karier impian. 

Berikut penjelasan lebih detail tentang prodi Akuntansi dan Manajemen, melansir Rencanamu.id.

Akuntansi

Kuliah di prodi Akuntansi, kamu akan mempelajari berbagai hal yang terkait dengan praktik akuntan serta penerapan ilmu akuntansi di perusahaan, lembaga pemerintah, serta instansi publik.

Selama kuliah di prodi ini, kamu akan "erat" dengan hitung-menghitung keuangan, termasuk mempelajari teknologi pendukung, seperti Accurate dan MYOB.

Maria Christine Belinda, mahasiswi prodi Akuntansi Trisakti School of Management berkata, “(Kita) Belajar bagaimana membuat jurnal dan menganalisis laporan keuangan serta bagaimana cara mengestimasi kondisi keuangan perusahaan yang akan datang.”

Mata kuliah dan peminatan Akuntansi

Sebagai gambaran, beberapa mata kuliah prodi ini adalah Perpajakan, Auditing, Akuntansi Biaya, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Korporasi dan Pelaporan, Sistem Informasi Akuntansi, Analisis Laporan Keuangan, Pasar Uang dan Pasar Modal, Manajemen Keuangan, Manajemen Strategi, Manajemen Risiko, Statistika.

Prodi Akuntansi umumnya memiliki peminatan studi. Di beberapa kampus seperti Trisakti School of Management, peminatan Akuntansi yang bisa dipilih, yakni:

  1. Akuntansi Keuangan. Fokus konsentrasi ini adalah pada pencatatan dan pelaporan keuangan perusahaan. Mahasiswa juga akan belajar tentang aturan akuntansi serta keuangan dalam negeri dan internasional.
  2. Akuntansi Manajemen. Mempelajari tata kelola yang berkaitan dengan akuntansi, khususnya dalam dunia bisnis.
  3. Auditing. Mahasiswa akan mempelajari beragam skill dan pengetahuan untuk menjadi seorang auditor, baik di kantor akuntan publik maupun auditor internal perusahaan.
  4. Pajak. Sesuai namanya, dalam peminatan ini mahasiswa akan mendapat materi seputar pajak. Diharapkan lulusannya mampu menganalisa dan menjalankan divisi pajak di perusahaan.

Prospek karier

Berikut sejumlah pekerjaan yang bisa kamu geluti setelah lulus:

  • Akuntan
  • Auditor internal
  • Konsultan pajak

Manajemen

Selama jadi mahasiswa prodi Manajemen, kamu akan mempelajari bagaimana mengelola organisasi atau perusahaan dalam mencapai nilai-nilai maupun target yang ditetapkan.

“Jurusan Manajemen sejalan dengan jurusan saya di SMA, yaitu IPS. Sejak awal, saya memang tertarik dengan (bidang) Ekonomi dan pilihan jatuh pada Manajemen karena prodi tersebut memacu mahasiswanya untuk berpikir kritis,” cerita Anggita Firliana, mahasiswi Trisakti School of Management mengenai prodi Manajemen yang jadi pilihannya.

Mata kuliah dan peminatan Manajeman

Sebagai gambaran, beberapa mata kuliah yang dipelajari di prodi Manajemen adalah Pengantar Bisnis, Akuntansi Keuangan Dasar, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, Akuntansi Manajemen, Ekonomi Manajerial, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Stratejik, Bisnis Internasional, Perilaku Konsumen, Komunikasi Bisnis, serta Manajemen Keuangan Internasional.

Prodi Manajemen umumnya memiliki peminatan studi. Di beberapa kampus seperti Trisakti School of Management, peminatan Manajemen yang bisa dipilih, yakni:

Prospek karier

Berikut sejumlah pekerjaan yang bisa kamu geluti setelah lulus:

  • Konsultan bisnis
  • Marketing
  • Human Resources

https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/21/15051411/pilih-akuntansi-atau-manajemen-intip-cakupan-studi-dan-peluang-karier

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke