Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Profesi di Media Sosial yang Cocok untuk Mahasiswa

KOMPAS.com - Di era digital, media sosial kini tidak sekadar digunakan untuk media komunikasi. Media sosial tengah menjadi "dunia baru" bagi banyak orang, sebagai tempat berbagi informasi, hiburan, mencari kebutuhan, bahkan sebagai penghasilan tambahan.

Bahkan, tak sedikit orang yang mendapatkan penghasilan besar karena kecintaannya terhadap media sosial, tanpa memandang usia, almamater, atau IPK.

Untuk kamu mahasiswa yang aktif di media sosial, kamu sangat mungkin menjadikan media sosial sebagai sumber penghasilan. Melansir Rencanamu.id, berikut sejumlah profesi di media sosial yang bisa dicoba.

1. Asisten Media Sosial

Menurut Bussiness Insider, satu dari tiga belas pekerjaan sampingan dengan bayaran tinggi adalah asisten media sosial.

Sebagai asisten media sosial, kamu akan mengelola saluran media sosial dan membantu pemasaran konten. Seorang Asisten Media Sosial bisa bekerja untuk influencer atau bekerja untuk perusahaan, namun bisa bekerja di mana saja. 

Kini, banyak influencer dan perusahaan yang mencari asisten media sosial dari kalangan mahasiswa tingkat akhir karena dinilai memiliki banyak waktu, fleksibel, hingga lebih update dan mengerti tentang tren kekinian.

Untuk gajinya, berkisar Rp 100 ribu per hari dan bisa lebih sesuai dengan besarnya tanggung jawab konten. 

2. Blogger

Untuk menjadi seorang blogger profesional, kamu perlu mempersiapkan blog semaksimal mungkin, mulai dari pemilihan konten, tampilan, target pembaca, dan lainnya.

Ada beberapa konten yang bisa kamu pilih, mulai dari kuliner, fashion, beauty, parenting, teknologi, dan apapun yang sesuai dengan minat serta bakat. Agar traffic blog semakin ramai alias banyak yang membaca, bergabunglah dalam berbagai komunitas blogger.

Tentu, semua hal tersebut harus didukung dengan ketelatenan dalam mengelola blog, sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Penghasilan yang didapatkan dari blog biasanya berasal dari iklan, promosi, endorse atau kerja sama dengan berbagai pihak.

3. Instagrammer

Bagi kamu mahasiswa pecinta fotografi, kuliner, traveling, penikmat kopi, atau mungkin penggila make-up, mulailah berbagi pengalaman dan ilmu lewat media sosial.

Caranya, pastikan kualitas gambar yang kamu posting bagus, beri informasi menarik, berikan hashtag, dan promosikan akun kamu di sosial media lain. Lama kelamaan followers bisa bertambah, jumlah likes akan naik, dan yang berminat endorse atau paid promote bakal bermunculan.

Instagramer atau istilah populernya adalah selebgram bisa menjadi profesi media sosial yang kekinian. Bayarannya mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 25 juta.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/04/19335361/3-profesi-di-media-sosial-yang-cocok-untuk-mahasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke