Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Raih Pendanaan, Zenius Tawarkan Metode Belajar Efektif untuk Siswa

KOMPAS.com - Platform pendidikan berbasis teknologi (edutech) Zenius Education mengumumkan menerima pendanaan sebesar 20 juta Dolar AS atau sekitar Rp 260 miliar dari Northstar Group, Kinesys Group, dan BeeNext.

Melalui suntikan dana, Zenius tak hanya berencana untuk mengembangkan bisnis, namun juga mengembangkan produk pembelajaran, menghadirkan guru yang berkualitas demi proses pembelajaran yang efektif, serta memperluas jangkauan ke pelosok Indonesia.

Dalam segi produk pembelajaran, Zenius tak hanya sekadar fokus terhadap banyaknya angka pengguna alias berapa banyak video yang diakses siswa. Namun, Zenius juga memiliki misi untuk meningkatkan engagement dari para pengguna.

Engagement tersebut akan ditingkatkan melalui pengembangan tiga produk "supplement education" yakni online recorded conten, online live, serta O2O.

Hal tersebut disampaikan Chief Executive Officer (CEO) Zenius Education Rohan Monga saat Pengumuman Pendanaan Seri A Zenius kepada media yang berlangsung di GoWork, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Rohan menambahkan, "dengan pendanaan ini kami ingin melanjutkan pengembangan konten yaitu penyegaran konten dengan tampilan baru, lalu marketing, produk dan teknologi serta juga penambahan talent [guru]."

Online recorder conten merupakan video pembelajaran yang selama ini sudah dibuat Zenius untuk siswa di beragam jenjang, mulai dari kelas 1 hingga 12.

Education Officer Zenius Education Sabda PS, pada kesempatan yang sama menjelaskan, "Konten kita sudah lengkap namun akan kita kembangkan, seperti dari sisi visual akan dicocokin sama gen Z, karena yang kita buat masih gaya milenial. Tujuannya mau buat anak-anak ketagihan belajar."

Sedangkan online live dan O2O (online to offline atau akses tanpa koneksi) menjadi produk yang akan terus dikembangkan pada tahun 2020.

"Sehingga jika ada pembelajar datang, Zenius ingin membuat mereka belajar dengan lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Istilahnya tingkat kepadatan belajar, misalnya dalam 1 jam mereka bisa belajar apa saja," imbuh Sabda.

Kini, Zenius telah memuat lebih dari 80.000 video pembelajaran dan ratusan ribu latihan soal untuk jenjang SD-SMA yang teIah disesuaikan dengan kurikulum nasional.

Akses belajar bebas biaya

Berangkat dari hasil skor PISA yang diumumkan Desember 2019 lalu, Zenius juga mengumumkan telah membuka semua akses video pembelajaran demi meningkatkan kemampuan belajar para siswa.

Hasil skor PISA (Programme for International Student Assessment) untuk Indonesia tahun 2018 oleh OECD menyatakan, Indonesia menempati rangking 74 dari 79 (negara) untuk kemampuan membaca, rangking ke-71 dari 79 untuk kemampuan sains, dan rangking ke-73 dari 79 untuk kemampuan matematika.

"Desember 2019 akses pembelajaran Zenius bebas biaya. Semua siswa bisa mengakses video pembelajaran dengan harapan anak-anak menjadi ketagihan belajar," kata Sabda.

Inilah yang membuat Zenius semakin termotivasi untuk mengembangkan produk pembelajaran agar para siswa bisa belajar dengan lebih efektif. 

https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/05/20120441/raih-pendanaan-zenius-tawarkan-metode-belajar-efektif-untuk-siswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke