Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Akun LTMPT untuk UTBK 2020 Segera Dibuka, Ini Alur dan Link Pendaftaran

KOMPAS.com - Melalui situs resmi LTMPT, pendaftaran akun untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dimulai 17 Februari - 5 April 2020. Tanpa mendaftar akun, maka kamu tak bisa mendapatkan kartu ujian UTBK.

UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh LTMPT. LTMPT sendiri menjadi satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Hasil UTBK akan digunakan sebagai syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Pendaftaran SBMPTN berlangsung pada 2 Juni - 13 Juni 2020 setelah hasil UTBK keluar.

UTBK 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.

Berikut 7 alur registrasi UTBK 2020:

1. Registrasi akun LTMPT

Registrasi akun Siswa LTMPT untuk UTBK SBMPTN menggunakan NISN, NPSN, dan
Tanggal Lahir. Dilaksanakan mulai tanggal 07 Februari 2020 dan berakhir pada 05 April 2020. Registrasi dilakukan di laman https://portal.ltmpt.ac.id.

2. Login

Selanjutnya siswa melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.

3. Verifikasi dan Validasi Data

Selanjutnya pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.

4. Pendaftaran UTBK

Lanjutkan dengan memilih menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

5. Membayar UTBK

Pembayaran UTBK dilakukan langsung di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.

6. Login kembali

Melakukan login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, memilih menu "Pendaftaran UTBK" untuk mencetak kartu peserta UTBK.

7. Catat jadwal ujian

Setelah kartu dicetak, simpan kartu dan gunakan untuk mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/06/11323541/daftar-akun-ltmpt-untuk-utbk-2020-segera-dibuka-ini-alur-dan-link-pendaftaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke