Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurusan untuk Pecinta Kuliner, Prospek Kerja dan Kampus Akreditasi A

KOMPAS.com - Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Sehingga bisnis makanan memiliki masa depan cemerlang selama pelaku industri mampu berinovasi dan memenuhi kebutuhan setiap segmentasi.

Seiring perkembangan zaman, makanan tak hanya dijadikan pelepas lapar, namun juga menjadi kesenangan, sosialisasi, bahkan demi mengikuti tren terkini. Sehingga menawarkan prospek karier di masa depan.

Nah, bagi kamu yang memiliki hobi kuliner dan ingin terjun ke dalam bisnis kuliner saat berkarier nanti, sejumlah jurusan yang berkaitan dengan kuliner tengah menanti.

Memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat memberikan banyak keuntungan. Minat akan membuat kamu senang belajar sehingga lebih mungkin menciptakan karya, inovasi, dan berprestasi. Sedangkan bakat akan menjadi skill kamu untuk melalui tantangan akademis dengan lebih mudah.

Sehingga bila kini kamu memiliki minat di bidang kuliner, apalagi memiliki bakat untuk mengkreasikan kuliner baru, sejumlah jurusan ini bisa dipertimbangkan.

Berikut sejumlah jurusan yang berkaitan dengan bidang kuliner, melansir Rencanamu.id.

1. Teknologi Pangan

Teknologi pangan merupakan jurusan yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang proses pengolahan bahan pangan sejak pertama kali dipanen.

Agar bahan pangan dapat bertahan lama dan tetap memiliki kandungan gizi, maka dibutuhkan teknologi yang tepat. Tak hanya membuat makanan bertahan lama, di jurusan ini kamu juga akan belajar bagaimana agar makanan tersebut aman dikonsumsi dan memiliki nilai tambah bagi konsumen.

Contoh mudahnya adalah susu dan ikan sarden. Teknologi pangan akan memproses susu sapi yang baru diperah dengan cara pasteurisasi agar aman dikonsumsi. Juga membuat ikan yang mudah busuk menjadi tetap bergizi dan awet dalam bentuk makanan kaleng.

Setelah lulus nanti, keahlian kamu akan sangat dibutuhkan oleh industri makanan, seperti industri mie instan, makanan kaleng, makanan instan lain, makanan cepat saji, dan industri makanan dan minuman. Kamu juga sangat mungkin membuka bisnis makanan sendiri, seperti bisnis makanan beku dengan bahan-bahan berkualitas.

Berikut sejumlah universitas yang memiliki jurusan Teknologi Pangan S1 dengan Akreditasi A menurut laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT):

  • Universitas Padjadjaran
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Pasundan
  • Universitas Katolik Soegijapranata
  • Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Muhammadiyah Malang

2. Tata Boga

Untuk kamu yang tak hanya hobi kuliner namun juga hobi memasak atau membuat kue, mulai dari appetizer atau makanan pembuka, main course alias makanan utama, hingga dessert alias makanan penutup, program studi ini bisa menjadi ruang belajar yang akan membuat kamu menjadi profesional di dunia kuliner.

Selain diajarkan teknik mengolah bahan makanan menjadi makanan siap saji, kamu juga akan belajar tentang bagaimana mempertahankan kualitas gizi, rasa, dan estetika dari suatu makanan. Sehingga makanan yang kamu buat tidak hanya enak, namun juga menarik dilihat dan bergizi saat disantap.

Tak hanya seputar makanan, jurusan ini juga akan mendidik kamu tentang hygiene, sanitasi, dan juga pelayanan yang sangat dibutuhkan dalam industri makanan.

Saat lulus nanti, kamu bisa bekerja di hotel, restoran, perusahaan makanan dan minuman, bahkan bisa membuka restoran sendiri karena kamu bakal memiliki banyak resep dan keahlian dalam mengolah makanan dan siap menjadi koki.

Berikut sejumlah universitas yang memiliki jurusan Pendidikan Tata Boga S1 dengan Akreditasi A menurut laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT):

  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Surabaya
  • Universitas Negeri Medan
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Pendidikan Indonesia

https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/09/14204831/jurusan-untuk-pecinta-kuliner-prospek-kerja-dan-kampus-akreditasi-a

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke