Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beasiswa S1/S2 ke Rumania, Gratis Biaya Sekolah dan Uang Saku Bulanan

KOMPAS.com - Melalui laman resmi Kemendikbud RI, Kementerian luar negeri brafaks KBRI Bucharest menyampaikan informasi mengenai tawaran beasiswa luar negeri dari pemerintah Rumania untuk 85 (delapan puluh lima) warga negara non-Uni Eropa, termasuk Indonesia.

Tawaran beasiswa tersebut diperuntukkan untuk jenjang Strata 1, Strata 2, dan juga Doktoral untuk Tahun Ajaran 2020-2021 di Rumania, Eropa.

Seluruh program belajar mengajar akan diselenggarakan dalam bahasa Rumania. Sehingga, pemerintah Rumania akan memberikan kelas bahasa selama 1 tahun untuk kandidat yang lolos namun tak bisa berbahasa Rumania.

Pemerintah Rumania akan mengutamakan penerimaan kandidat yang mengambil jurusan Ilmu Arsitektur, Seni Visual, Kebudayaan dan Peradaban Rumania, Jurnalisme, Politik dan Ilmu Administrasi, Pendidikan, Ilmu Sosial dan Humaniora, Teknik, Minyak dan Gas, Pertanian dan Kedokteran Hewan. Beasiswa tidak diberikan untuk bidang kedokteran dan farmasi.

Cakupan

1. Gratis biaya pendidikan (tuition fee).

2. Gratis biaya akomodasi (berupa asrama siswa namun tergantung ketersediaan serta peraturan dan kuota yang tersedia di perguruan tinggi terkait).

3. Uang saku bulanan, sebesar 65 Euro atau sekitar Rp 1 juta untuk jenjang S1, sebesar 75 Euro atau sekitar Rp 1,2 juta untuk jenjang S2, serta sebesar 85 Euro atau sekitar Rp 1,3 juta untuk jenjang Doktoral.

Beasiswa tidak mencakup makan, transportasi lokal maupun internasional. Namun, Rumania merupakan salah satu negara Uni Eropa dengan biaya hidup paling rendah sehingga ramah untuk mahasiswa internasional.

Syarat

1. Diperuntukkan bagi warga negara non-Uni Eropa.

2. Untuk jenjang S1 ditujukan untuk lulusan SMA/sederajat berusia maksimal 35 tahun.

3. Untuk jenjang S2 ditujukan untuk lulusan universitas (S1) atau yang setara berusia maksimal 35 tahun dengan lama program 1,5 - 2 tahun.

4. Untuk jenjang Doktoral ditujukan bagi lulusan S2 berusia maksimal 45 tahun dengan lama program 3 -4 tahun sesuai dengan persyaratan fakultas yang dipilih.

5. Memenuhi persyaratan dokumen.

Pendaftaran

Pendaftaran harus dilakukan melalui Kedutaan Besar (Kedubes) Rumania di Jakarta atau KBRI Bucharest dengan batas akhir penerimaan dokumen 9 Maret 2020 di Kedubes Rumania di Jakarta dan 11 Maret 2020 di KBRI Buchharest.

Untuk syarat dokumen dan persyaratan lain yang diperlukan, peserta dapat mengakses https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/uploads/BEASISWA%20RUMANIA.pdf.

Semua dokumen harus diterjemahkan secara resmi ke dalam bahasa Inggris atau Perancis dan dilegalisasi.

Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan setelah tanggal 15 Juni 2020 Kedubes Rumania di Jakarta maupun Bucharest.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/12/15003691/beasiswa-s1-s2-ke-rumania-gratis-biaya-sekolah-dan-uang-saku-bulanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke