Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Es Krim Tanpa Kulkas", Gambaran Guru Penggerak di Kelas Merdeka Belajar

KOMPAS.com - Mendikbud Nadiem Makarim mengagas Merdeka Belajar di mana pembelajaran diharapkan mampu mendorong siswa belajar dengan antusias dan menyenangkan. Mau tidak mau, guru penggerak menjadi "motor penggerak" dari gerakan ini.

"Guru Penggerak" diharapkan mampu menghadirkan pembelajaran inovatif ke dalam kelas sehingga metode belajar siswa tidak melulu mencatat dan menghafal.

Inilah yang kemudian mendorong Issaura Sherly Pamela, dosen PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) Universitas Jambi, mengajak mahasiswanya, para calon guru, berpraktik pada perkuliahan konsep dasar IPA. Ia melakukan percobaan perubahan wujud benda dari benda cair menjadi benda padat.

“Saya memfasilitasi mahasiswa calon guru SD untuk praktik menemukan cara membuat es krim tanpa kulkas. Kegiatan ini juga untuk mendekatkan mahasiswa dengan penerapan konsep dasar IPA dalam kehidupan sehari-hari,” kata Sherly menceritakan perkuliahan yang dia ampu (24/2/2020).

Percobaan pembuatan es krim merupakan bentuk perubahan wujud dari cair ke padat. Sherly menggunakan alat dan bahan sederhana seperti susu cair, es batu, gula, dan garam. Alat yang dipakai yaitu sendok, mangkok, kantong plastik besar dan kecil, serta karet gelang.

“Tujuan perkuliahan ini mahasiswa mampu menganalisis pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda tentang membeku dan mencair dalam kehidupan sehari-hari,” katanya lagi.

Sherly yang juga fasilitator pembelajaran Program PINTAR Tanoto Foundation, menyebut menerapkan pendekatan MIKiR atau mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi dalam perkuliahan ini.

Ajak mahasiswa lebih banyak praktik

Untuk memberi pengetahuan awal mahasiswa, mereka diajak menonton video tentang perubahan wujud benda. Sambil menonton, mereka juga ditugaskan membuat pertanyaan yang terkait dengan perubahan wujud benda dalam video.

Dalam pembuatan gula aren dibutuhkan bahan bakar berupa kayu bakar untuk memasak nira. Jenis perubahan wujud apa yang terjadi pada kayu bakar yang berubah menjadi abu? Jelaskan jenis perubahan wujud yang terjadi pada pemasakan nira?

Demikian beberapa pertanyaan yang dibuat mahasiswa. Pertanyaan tersebut disimpan dulu, yang nanti akan dijawab oleh teman-temannya setelah melakukan percobaan.

Selanjutnya di masing-masing kelompok, mahasiswa mencoba sendiri membuat es krim menggunakan alat dan bahan yang telah tersedia. Mereka berdiskusi strategi cara membuat es krim.

Ternyata semua kelompok berhasil membuat es krim. Hanya waktunya bervariasi, ada yang perlu 20 menit, ada yang sampai 30 menit baru jadi es krimnya.

Sambil menunggu es krimnya membeku, dosen membuat permainan kuis. Pertanyaan yang dibuat mahasiswa saat menonton video, dijadikan bahan pertanyaan kuis menjawab cepat dan tepat. Kegiatan ini untuk menguatkan pemahaman siswa tentang perubahan wujud benda.

Bentuk penerapan Merdeka Belajar

Setelah semua selesai melakukan percobaan, mahasiswa membuat laporan dan mempresentasikannya.

“Yang kami lakukan susu cair dimasukkan ke kantong plastik kecil dan diikat rapat agar tidak ada yang bocor. Di dalam kantong plastik besar, es batu yang sudah dihancurkan diberi garam dan diaduk. Plastik kecil yang berisi susu diletakkan di tengah plastik besar. Kemudian digoyang-goyang sampai plastik kecil berisi susu membeku dan menjadi es krim.”

Demikian penjelasan Nur Ariani, salah seorang mahasiswa mempresentasikan cara yang mereka temukan dalam membuat es krim tanpa kulkas.

“Perubahan suhu membuat susu cair menjadi beku. Garam yang digunakan berfungsi untuk mempertahankan suhu tetap dingin,” kata Nurul Delima Kiska, mahasiswa lainnya menyampaikan konsep yang ia temukan.

Sherly sengaja tidak membuat panduan cara membuat es krim tanpa kulkas. Mahasiswa ditugaskan untuk menemukan caranya sendiri membuat es krim.

“Menurut saya inilah bentuk merdeka belajar. Mahasiswa belajar untuk memecahkan masalah, membuat inovasi, dan bekerja sama dengan teman sekelompoknya,” kata Sherly.

Mahasiswa mengaku senang mengikuti perkuliahan ini. ”Perkuliahannya membuat saya semangat belajar. Saya senang bisa menemukan cara membuat es krim tanpa kulkas,” demikian beberapa kesan mahasiswa dalam kegiatan refleksi.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/27/21133681/es-krim-tanpa-kulkas-gambaran-guru-penggerak-di-kelas-merdeka-belajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke