Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Sukses SBMPTN 2020? Perhatikan 7 Hal Ini

KOMPAS.com - Proses masuk perguruan tinggi negeri (PTN) telah dimulai. Bagi kamu yang ingin mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020, maka harus memahami beberapa hal berikut ini.

Sebab, SBMPTN 2020 telah memasuki registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahap ke-2 yang dimulai pada 17 Februari 2020 kemarin hingga 5 April 2020.

Registrasi ini untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan SBMPTN 2020. Jika kamu ingin sukses SBMPTN 2020, maka simak 7 hal ini yang dirangkum dari laman Rencanamu.id.

1. Harus pahami informasi UTBK dan SBMPTN 2020

Bagi anak SMA yang baru pertama kali ikut, jangan sampai kamu belum bisa membedakan antara SBMPTN dan SNMPTN 2020. Sebab, prosesnya berbeda. Tak hanya itu saja, kamu juga harus update dengan perkembangan SBMPTN.

Apa saja itu? Informasinya ialah:

  • Kamu harus paham apa itu LTMPT, UTBK, dan SBMPTN.
  • Jadwal UTBK dan rangkaian SBMPTN 2020.
  • Sistem penilaian.
  • Berbagai perubahan dan informasi lainnya harus diikuti.
  • Kelengkapan dokumen yang dibutuhkan nanti.
  • Informasi penyelenggaraan UTBK.

2. Coba latihan UTBK

Agar sukses dan siap menghadapi UTBK, maka kamu belajar latihan soal UTBK. Bisa dalam bentuk hard copy atau soft copy. Ini dilakukan agar memudahkan kamu saat belajar disituasi dan kondisi apapun.

3. Terus belajar

Tak hanya mengerjakan soal saja, tetapi kamu juga harus meluangkan waktu untuk belajar. Tentu agar materinya bisa kamu pahami dan kamu lebih siap mengerjakan UTBK.

Belajar bisa di mana saja, misalnya:

  • Belajar sendiri
  • Ikut les privat
  • Ikut bimbingan belajar

Jika kamu pilih belajar sendiri, maka untuk sementara waktu kamu harus buat rencana belajar. Kamu harus susun jadwal dan materi yang ingin dipelajari.

4. Ikut try out

Jika ada try out SBMPTN, maka sebaiknya kamu ikut. Sebab, hal ini bisa membantu menyiapkan mental dan fisik agar siap menghadapi tes beneran.

Soal try out juga harus dikondisikan semirip mungkin dengan UTBK, harapannya kamu akan mengerti soal-soal yang diujikan pada UTBK nanti.

5. Prodi disesuaikan minat dan bakat

Biasanya, banyak diantara calon mahasiswa bingung mau pilih prodi/jurusan apa. Karena itu, kamu harus:

  • Kenali dirimu, termasuk minat dan bakatmu.
  • Kamu juga harus kenal prodi yang ada. Tidak hanya kenal dari namanya saja, tapi kamu juga harus mengetahui apa saja yang dipelajari termasuk prospek kerjanya nanti ketika lulus.

6. Cari tahu peluang masuk dan persaingan

Jika kamu sudah menentukan pilihan prodi atau jurusan, maka selanjutnya kamu harus mencari tahu peluang masuk di prodi itu termasuk persaingannya.

  • Berapa kursi/daya tampungnya.
  • Bagaimana persaingan tahun lalu/peminat tahun lalu (jumlah pendaftar dan tren kenaikan/penurunan jumlah pendaftar).
  • Berapa kisaran skor UTBK yang diperlukan untuk masuk prodi (pilihan 1 dan pilihan 2) serta target nilai.

7. Jaga kesehatan

Ketika sibuk belajar, les, ikut try out dan kegiatan lain, kamu jangan lupa dengan satu hal. Yakni menjaga kesehatan. Sebab, semua usahamu akan sia-sia jika kamu drop atau sakit.

Jika kondisi fit, maka ketika ikut ujian pasti akan lancar. Kamu juga harus memperhatikan asupan gizi dan makanan. Kalau bisa kamu olahraga, istirahat cukup dan relaksasi diri.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/28/11064501/ingin-sukses-sbmptn-2020-perhatikan-7-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke