Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Corona, Disdik Depok Imbau Orangtua Jaga Pola Makan dan Kondisi Fisik Anak

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Jawa Barat, Mohamad Thamrin mengimbau para orangtua siswa di Depok agar memperhatikan pencegahan penularan penyakit seperti corona dengan Pola Hidup Bersih Sehat. Selain itu, ia juga memberikan sejumlah tips untuk para orangtua untuk menjaga anak tetap dalam kondisi fit.

"Sebenarnya, bukan hanya dunia pendidikan. Semua masyarakat harus waspada tapi jangan berlebihan. gerakan pencegahan itu lebih baik daripada mengobati," ujar Thamrin saat ditemui Kompas.com di Depok, kemarin. 

Ia meminta orangtua untuk memberikan bekal makanan dan minuman untuk sekolah. Orangtua lebih baik menyiapkan makanan dan minuman dari rumah.

"Anak-anak bawa tempat makan sendiri. Itu sudah kami lakukan sebelum corona masuk ke Kota Depok," tambah Thamrin.

Orangtua juga diimbau untuk memperhatikan pola makan anak setiap harinya. Anak mesti dipastikan untuk makan dengan teratur.

"Jaga pola makan. Anak sudah lelah, (biasanya) malas makan. Orang tua juga harus kita lakukan pendekatan agar anak punya bekal makan siang di sekolah masing-masing," ujar Thamrin.

Thamrin juga meminta orangtua agar terus mengajarkan anak-anak untuk mencuci tangan. Di sekolah-sekolah, juga tersedia wastafel, sabun cair, dan disinfektan.

"Kemudian anak-anak kita harapkan jaga stamina, kondisi kesehatannya. Jadi tak berlebihan kegiatan di luar sekolah. Itu kita jaga agar anak tak melakukan kegiatan berlebihan di luar sekolah," tambah Thamrin.

Para orangtua juga diminta tak perlu khawatir dan panik secara berlebihan. Pihak Dinas Pendidikan Kota Depok, lanjutnya, telah meminta sekolah untuk terus menerapkan gerakan Pola Hidup Bersih Sehat di sekolah.

Kegiatan belajar mengajar tetap berjalan


 

Kegiatan belajar mengajar sekolah-sekolah di Depok, Jawa Barat, Selasa (3/3/2020) berjalan seperti biasa pasca-diumumkan dua warga Depok terjangkit virus corona. Siswa-siswa terlihat antusias melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

"Hari ini kegiatan belajar mengajar berjalan dengan seperti biasa. Semua lancar, Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Aliyah tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar," ujar Thamrin.

Kompas.com memantau sejumlah sekolah di Depok khususnya di Kecamatan Beji, Pancoran Mas, dan Sukmajaya. Kegiatan belajar mengajar seperti di Sekolah Islam Hamidiyah, Cakrabuana, SD Mardi yuana, SD Yaspen Karakter Bangsa Plus, dan SD Bina Kheir tetap berjalan.

Siswa-siswa tetap belajar di kelas dan juga tetap bermain bersama teman di lapangan. Guru-guru juga terlihat antusias untuk mengajar.

Siswa-siswa baik dari SD hingga SMA juga terpantau masih beraktivitas di sekitar Jalan Siliwangi, Depok. Siswa-siswa terlihat menggunakan seragam sekolah dan beraktivitas mulai dari bercengkerama bersama teman, wisata kuliner, dan lainnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/04/18052371/cegah-corona-disdik-depok-imbau-orangtua-jaga-pola-makan-dan-kondisi-fisik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke