Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Kerja? Pahami 4 Hal Ini "Fresh Graduate"

KOMPAS.com - Ketika baru lulus kuliah, kamu akan menyandang gelar akademik juga gelar sebagai fresh graduate. Tetapi tugas kamu selanjutnya ialah mencari pekerjaan yang terbaik bagi masa depan.

Tapi, sebelum bekerja kamu harus memahami beberapa hal. Jika tidak paham, maka akan susah mendapatkan pekerjaan dan kamu akan mengalami rasa cemas.

Perasaan cemas itu biasa muncul pada diri fresh graduate. Karena itu, agar kamu bisa sukses dalam mendapatkan pekerjaan, maka harus memahami 4 hal berikut yang dirangkum dari laman resmi Karier Universitas Diponegoro.

1. Miliki kompetensi

Orang yang sudah memiliki gelar lulusan perguruan tinggi akan dilihat kemampuannya. Seperti apa kompetensi yang dimilikinya, atau apa kelebihannya.

Kompetensi sendiri merupakan suatu hal yang dikaitkan dengan kemampuan, pengetahuan, dan sikap yang kemudian dijadikan pedoman dalam melakukan tanggungjawab.

Untuk saat ini kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan ialah penguasaan konsep yang menyeluruh dan tidak hanya sekadar menghafal teori di kampus saja. Ini penting agar calon pekerja semakin matang dan kuat dalam menjalankan tugas yang mereka hadapi.

Jadi, kamu harus memiliki kompetensi yang bagus agar perusahaan tertarik denganmu dan kamu diterima kerja.

2. IPK tinggi tak menjamin

Lulus dengan IPK tinggi akan menjadi kebanggan tersendiri. Bahkan jika lulus dengan predikat cumlaude. Tapi ternyata IPK tinggi tidak mecerminkan bahwa mereka siap untuk bekerja.

Banyak fresh graduates yang punya IPK tinggi namun tidak maksimal dalam pekerjaan. Hal ini tentu saja tidak cukup ketika di dunia kerja. Tetapi harus dipadukan dengan softkill yang kamu dapat di kampus.

3. Tidak percaya diri

Jika kamu pernah mencoba psikotes dan gagal, mungkin hal itu karena kamu tidak percaya diri dalam mengerjakan tes. Dengan melihat kunci jawaban hasil psikotes di internet, akan membuat jawabanmu tidak sesuai dengan kepribadianmu.

Ternyata mungkin saja kepribadinmu yang sesungguhnya yang dicari perusahaan. Selain itu, perlu adanya konsentrasi dalam wawancara namun tetap santai ketika menghadapinya.

Saat wawancara juga ada tipsnya, yakni bagaimana wawancara yang baik agar sukses termasuk dalam menjawab pertanyaan. Intinya, kamu harus percaya diri.

4. Jaga kesehatan

Ada beberapa perusahaan dalam proses seleksinya menggunakan tes kesehatan. Ternyata, beberapa fresh graduate dalam tes ini banyak yang gagal.

Ini dikarenakan mereka tidak menjaga pola hidup sehat saat remaja sehingga banyak yang memiliki penyakit di organ dalam maupun luar pada usia yang masih muda. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa seseorang gagal dalam medical check up.

Jadi, sebisa mungkin kamu menjaga pola hidup sehat dan bersih. Termasuk makanan dan istirahat harus tercukupi dengan baik.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/06/12004431/ingin-kerja-pahami-4-hal-ini-fresh-graduate

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke