Salin Artikel

Besok UN 2020 SMK/MAK, Ini Kisi-kisi Mapel Matematika Pariwisata

KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) 2020 untuk jenjang SMK/MAK telah dimulai sejak, Senin (16/3/2020) dengan mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia.

Pada hari kedua, Selasa (17/3/2020) ialah jadwal ujian mapel Matematika. Khusus bagi kamu siswa kelas XII SMK/MAK jurusan Pariwisata, maka bisa belajar dari kisi-kisi ini.

Adapun kisi-kisi yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ini diharapkan bisa membantu siswa untuk belajar.

Berikut ini disampaikan kisi-kisi UN 2020 SMK/MAK mapel Matematika jurusan pariwisata.

1. Level kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi, menyebutkan, mengubah, menjelaskan, membedakan, memberi contoh, menghitung, dan menunjukkan.

Lingkup materi

a. Aljabar, siswa dapat memahami tentang: operasi bilangan bentuk pangkat, bentuk akar, dan logaritma, persamaan kuadrat, sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel, operasi matriks, program linear, barisan dan deret (aritmetika dan geometri).

b. Geometri dan trigonometri, siswa dapat memahami tentang: transformasi suatu titik atau bangun datar, perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku, konversi koordinat kartesius dan koordinat kutub.

c. Statistika, siswa dapat memahami tentang: pengertian statistik, populasi, dan sampel, penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram, ukuran pemusatan, ukuran penyebaran.

2. Level aplikasi

Pada level kognitif aplikasi, siswa harus menentukan, menerapkan, menyelesaikan masalah, mengkonstruksi, mengklasifikasi, mengoperasikan.

Lingkup materi

a. Aljabar, siswa dapat mengaplikasikan tentang: operasi bilangan bentuk pangkat, bentuk akar, dan logaritma, persamaan kuadrat, sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel, operasi matriks, program linear, barisan dan deret (aritmetika dan geometri).

b. Geometri dan trigonometri, siswa dapat mengaplikasikan tentang: perbandingan trigonometri, transformasi suatu titik atau bangun datar, konversi koordinat kartesius dan koordinat kutub.

c. Statistika, siswa dapat mengaplikasikan penyajian tentang: penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik, ukuran pemusatan, ukuran penyebaran.

3. Level penalaran

Pada level kognitif penalaran, siswa harus menganalisis, menginterpretasi, membandingkan, mengevaluasi, merumuskan, menyimpulkan, menjelaskan hubungan konseptual dan informasi faktual.

Lingkup materi

a. Aljabar, siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: pangkat, bentuk akar dan logaritma, program linear, barisan dan deret (aritmetika dan geometri), persamaan kuadrat, sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel.

b. Geometri dan trigonometri, siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: perbandingan trigonometri, dan transformasi geometri.

c. Statistika, siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik, ukuran pemusatan, ukuran penyebaran.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/16/160712971/besok-un-2020-smk-mak-ini-kisi-kisi-mapel-matematika-pariwisata

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.