Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Proses Kartu Prakerja Dipercepat, Pintaria Adakan Tes Minat Bakat Gratis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan mempercepat penyaluran Kartu Prakerja di tengah wabah Covid-19.

"Untuk mengantisipasi para pekerja yang terkena PHK, para pekerja harian yang kehilangan penghasilan, para pengusaha mikro yang kehilangan pasar dan omset agar dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas SDMnya," ujar Jokowi melalui siaran konferensi video di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Pemerintah berharap program ini dapat membantu 2 juta orang tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan online maupun offline.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan, “Kartu Prakerja menjadi solusi alternatif bagi masyarakat Indonesia yang terdampak COVID-19 untuk mendapatkan skill baru (skilling), meningkatkan keterampilan di bidang yang telah ditekuni (upskilling), atau di bidang yang baru (reskilling) di seluruh Indonesia."

Untuk memastikan peserta kartu Prakerja mendapatkan pelatihan online, Pintaria hadir sebagai salah satu mitra platform digital resmi yang ditunjuk pemerintah untuk mendukung program Kartu Prakerja.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Pintaria adalah bantuan kepada penggunanya agar dapat memilih pelatihan yang tepat sesuai dengan potensi dan kebutuhannya.

“Kami menyadari bahwa akan ada ratusan bahkan ribuan program pelatihan yang ditawarkan. Karena kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini hanya diberikan seumur hidup sekali, sangat penting bagi peserta untuk mengikuti program pelatihan yang tepat. Karena itu, kami akan fokus dalam membantu peserta memutuskan pilihannya”, ujar Co-founder Pintaria Dr. Ir. Gerald Ariff.

Di Pintaria, peserta bisa mendapatkan rekomendasi pelatihan berdasarkan minat dan bakat melalui tes minat dan bakat online gratis. Tes minat dan bakat online gratis juga ditujukan kepada calon penerima Kartu Prakerja.

Adapun kategori pelatihan yang tersedia di Pintaria mencakup pelatihan populer seperti Bahasa Inggris, Kewirausahaan, Digital Marketing, Coding, Sales, Kuliner, Kecantikan, Public Speaking, dan lain sebagainya.

Selain itu, pengguna Pintaria juga bisa mendapatkan rekomendasi berdasarkan kategori pekerjaan yang diminati atau lowongan pekerjaan yang tersedia serta lokasi pengguna.

Dalam menyediakan berbagai pelatihan ini, Pintaria bekerja sama dengan berbagai lembaga pelatihan yang berkualitas. Contohnya, untuk pelatihan Bahasa Inggris, Pintaria bermitra dengan English First (EF) sedangkan untuk pelatihan Komunikasi, Pintaria bermitra dengan London School of Public Relations.

Syarat kartu Prakerja

Kartu Prakerja bisa didapatkan oleh warga negara Indonesia yang berumur 18 tahun ke atas, tidak sedang mengambil sekolah ataupun kuliah penuh, untuk membantu mereka mendapatkan pekerjaan melalui pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM siap kerja.

Setiap penerima Kartu Prakerja berhak menggunakan manfaat yang besarnya berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 7 juta untuk belajar berbagai macam pelatihan yang tersedia dan mendapatkan insentif hingga Rp 650 ribu jika telah menyelesaikan pelatihan dengan baik.

Namun, dalam konferensi video yang sama Jokowi menambahkan, "Alokasi anggaran yang disediakan di dalam Kartu Prakerja ini sebesar Rp 10 triliun sehingga nanti setiap peserta Kartu Prakerja akan diberikan honor insentif Rp 1 juta per bulan selama 3 sampai 4 bulan."

Saat ini calon peserta sudah bisa mempelajari program Kartu Prakerja di situs resmi Kartu Prakerja yakni www.prakerja.go.id. Pendaftaran udimulai pada minggu pertama di bulan April 2020.

Setelah mendaftar dan menerima persetujuan dari pemerintah, penerima Kartu Prakerja bisa mengunjungi situs Pintaria untuk mendapatkan rekomendasi dan memilih program pelatihan yang sesuai.

Sambil menunggu pendaftaran program Kartu Prakerja dibuka, calon peserta dapat mengambil tes minat dan bakat online gratis di www.pintaria.com/kartuprakerja

Pintaria sendiri merupakan portal pembelajaran berkelanjutan atau lifelong learning yang dikembangkan oleh HarukaEDU, sebuah perusahaan edutech asli Indonesia.

Bekerja sama dengan universitas dan lembaga pelatihan terpercaya, Pintaria menyediakan berbagai macam program kuliah dan kursus, baik online, offline, maupun blended learning.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/25/134145771/proses-kartu-prakerja-dipercepat-pintaria-adakan-tes-minat-bakat-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke