Salin Artikel

4 Tips Belajar Efektif Hadapi UTBK SBMPTN di Rumah dari Zenius

KOMPAS.com - Tak seperti Ujian Nasional (UN) yang pelaksanaannya dibatalkan akibat pandemi corona. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tetap akan dilaksanakan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, walau tertunda pelaksanaannya, UTBK SBMPTN akan tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Dengan ditundanya pelaksanaan UTBK, artinya kamu memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan persiapan ujian.

Hanya saja, mengatur waktu untuk belajar UTBK di tengah tugas online sekolah yang menumpuk, bisa membuat sebagian siswa dan orangtua kebingungan mengatur waktu.

Mengerti tak sedikit siswa yang kebingungan mengatur jadwal belajar di rumah, Zenius Education mencoba memberikan sejumlah kiat.

Berikut 4 (empat) langkah belajar agat persiapan UTBK menjadi lebih efektif di tengah pandemi Covid-19.

1. "Task-Oriented" bukan "Time-Oriented"

Ubah perspektif dalam membuat jadwal belajar dari "Time-Oriented" menjadi "Task-Oriented".

Artinya, baiknya tidak fokus pada sebanyak apa waktu yang harus dihabiskan untuk belajar dalam sehari atau seminggu (time-oriented), melainkan membuat daftar materi dan soal apa saja yang harus dipelajari (task-oriented).

"Kamu uraikan dulu kegiatan yang mau kamu kerjain, soal ada waktu atau enggak, jangan pusing ke arah situ dulu," saran Zenius.

Setelah daftar materi dan soal sudah disusun, selanjutnya tentukan kapan kamu akan belajar di waktu paling nyaman. Bisa jadi kamu lebih nyaman menyicil 2-3 hari sekali, atau bisa jadi kamu lebih nyaman untuk mengebut semua di akhir minggu.

2. Sebanyak apa bahan materinya?

Misalnya kamu sedang menyusun bahan materi Matematika Dasar (Matdas), kamu bisa membagi materi Matdas yang telah dikategorikan per topik.

Dengan struktur tersebut, kamu bisa dengan lebih mudah mengatur kegiatan belajar berdasarkan topik-topik pelajaran.

3. Susun paket belajar berdasarkan topik

Dalam membuat paket belajar, jangan hanya terfokus pada pendalaman materi saja, namun kamu perlu menyelinginya dengan latihan soal.

Latihan soal adalah cara efektif untuk menguji apakah kamu sudah benar-benar memahami materi yang pelajari dan mengetahui kelemahan kamu. Sehingga, efektivitas belajar benar-benar bisa diukur.

Latihan soal bisa kamu akses secara gratis di Zenius, termasuk video-video pembelajaran yang disajikan oleh tutor yang akan membuat kamu "ditemani" saat belajar.

4. Target mingguan

Karena mengacu pada task-oriented ketimbang time-oriented, maka target yang kamu buat bukanlah belajar selama 3 jam sehari atau 20 jam per minggu, melainkan berapa topik yang harus kamu pelajari selama 1 minggu ke depan.

Sehingga, kamu punya fleksibilitas untuk mengatur waktu yang tepat untuk mencapai target materi mingguan.

Task-oriented dapat mengurangi potensi kamu "keteteran" menjelang ujian, sebab semua materi sudah ditargetkan untuk dipelajari.

Berbeda dengan time-oriented yang justru berpotensi membuat kamu keteteran karena tidak memiliki target materi di awal.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/29/142728571/4-tips-belajar-efektif-hadapi-utbk-sbmptn-di-rumah-dari-zenius

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.