Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur di Rumah, Penuhi Inspirasi Lewat eBook Terlaris versi Gramedia Ini

KOMPAS.com - Membaca buku bisa menjadi salah satu kegiatan menikmati waktu luang di rumah. Di sela-sela belajar, bekerja, maupun beribadah di rumah, membaca dapat menjadi pilihan untuk memperkaya inspirasi.

Tak hanya itu, membaca buku ternyata juga bisa menjadi obat terbaik untuk mengurangi stres. Membaca selama 30 menit memiliki efek menenangkan yang sama dengan melakukan yoga dengan durasi waktu yang sama.

Hal tersebut sudah terbukti lewat riset 2009 yang dilakukan oleh peneliti University of Sussex. Menurut peneliti, hanya dengan membaca enam menit sehari dapat menurunkan tingkat stres sebesar 68 persen.

Stres sendiri merupakan salah satu faktor dapat dapat memengaruhi imunitas tubuh. Sehingga melakukan kegiatan yang dapat mengurangi stres, seperti membaca, diharapkan dapat meningkatkan imun tubuh dalam melawan beragam wabah virus di sekitar kita.

Merangkum dari laman Gramedia Digital, berikut sejumlah buku digital (e-books) paling laris di awal tahun 2020 ini.

1. Atomic Habits

Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa karya James Clear berisi tentang kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan untuk membentuk kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk.

2. Jurnalisme Bencana, Bencana Jurnalisme

Jurnalis Ahmad Arif pergi ke Aceh pada 2004 untuk meliput berita pasca bencana tsunami. Ia kemudian membukukan apa yang ditemukannya dalam buku Jurnalisme Bencana, Bencana Jurnalisme.

3. Berani Tidak Disukai

Selain ikigai (sebuah konsep kebahagiaan), Jepang juga mempunyai teori tentang mencintai diri sendiri.

Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga menulis Berani Tidak Disukai dan menjabarkan secara lengkap tentang teori tersebut sekaligus fenomena dari Jepang untuk membebaskan diri, mengubah hidup, dan meraih kebahagiaan sejati.

4. Stand and Deliver

Penulis buku Dale Carnegie terkenal berkat buku The Art of Public Speaking yang terbit pertama kali pada 1915.

Teori-teorinya tentang public speaking kemudian dikumpulkan dan dibukukan dengan judul Stand and Deliver. Buku ini berisi trik-trik klasik yang perlu dibaca mereka yang demam panggung.

5. Bumi yang Tak Dapat Dihuni

David Wallace-Wells menjabarkan tentang apa yang sedang terjadi dengan bumi yang kita huni saat ini. Betapa perubahan iklim terjadi begitu cepat—salah satunya dengan bagaimana permukaan laut yang naik sedikit demi sedikit.

Bumi yang Tak Dapat Dihuni adalah pengingat bahwa manusia sudah harus memikirkan lingkungan di sekitarnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/29/144845371/libur-di-rumah-penuhi-inspirasi-lewat-ebook-terlaris-versi-gramedia-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke