Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto-foto Wisuda Online dan Pakai Robot di Jepang

KOMPAS.com - Sebuah kampus di Tokyo, Jepang, Bussiness Breakthrough University (BBT University) menggelar acara wisuda secara online dan menggunakan robot sebagai perwakilan wisudawan di Hotel Grand Palace, pada Sabtu (28/3/2020).

Acara wisuda online ini diselenggarakan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona di kalangan institusi pendidikan di Jepang.

Informasi yang dihimpun Kompas.com dari website resmi BBT University dan diterjemahkan oleh Penerjemah Bahasa Jepang, Nova Auliatun Nisa, acara wisuda menggunakan robot avatar terbaru yang dikembangkan oleh ANA Holding bernama "Newme".

Prosesi wisuda terlihat lengkap dihadiri oleh rektor, perwakilan rektorat, dan perwakilan kampus. Awalnya, pembawa acara wisuda memanggil perwakilan wisudawan untuk maju ke depan bertemu rektor.

Perwakilan wisudawan yang diwakili oleh robot itu kemudian menghadap rektor. Robot tersebut dioperasikan oleh perwakilan wisudawan BBT University dari jauh.

Ada empat orang wisudawan yang menerima ijazah kuliah dan melakukan prosesi wisuda. Rektor BBT University membacakan keputusan lulusan di depan robot Newme yang merupakan perwakilan wisudawan.

Robot Newme berbentuk seperti manusia dengan menampilkan tablet di bagian kepala dan empat roda sebagai kaki. Ketika rektor membacakan keputusan wisuda, layar tablet menampilkan wajah perwakilan para wisudawan yang hadir lewat aplikasi Zoom.

Inisiator wisuda online sekaligus Kepala Departemen Manajemen Global Fakultas Administrasi dan Bisnis BBT University, Shugo Yanaka mengatakan pihak BBT University merasa senang bisa menyelenggarakan wisuda online menggunakan robot avatar ini.

"Kami harap ini dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lain yang tengah kesulitan dalam menyelenggarakan wisuda atau upacara penerimaan siswa dan mahasiswa baru," kata Shugo.

Berikut foto-foto wisuda online dan pakai robot di BBT University Jepang.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/03/165740871/foto-foto-wisuda-online-dan-pakai-robot-di-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke