Salin Artikel

4 Alasan Anak Tidak Dilarang Main "Gadget", Ini Cuplikan di TVRI Pukul 10.30

KOMPAS.com - Saat orangtua pulang kerja dan tiba di rumah tentu badan terasa lelah. Kebanyakan, orangtua inginnya bisa beristirahat sejenak.

Hanya saja, jika orangtua itu memiliki anak kecil pasti si anak ingin mengajak bermain dengan sang orangtua.

Cara yang paling mudah bagi orangtua itu ialah memberikan gadget kepada anak agar orangtua bisa istirahat.

Tetapi, apakah dengan memberikan gadget itu menjadi solusi bagi orangtua dalam hal pendidikan pada anaknya? Jika Anda (orangtau) penasaran, maka bisa menyaksikan program Keluarga Indonesia di TVRI, Kamis 16 April 2020 hari ini.

Pada tayangan yang akan disiarkan pukul 10.30-11.00 WIB nanti bakal dikupas oleh penggiat pendidikan Kak Ela (@najelaashihab) dengan dipandu Kak Citra (@citra.anggias).

Adapun program Keluarga Indonesia bagi orangtua dan guru itu mengambil tema "Pengasuhan dan Pendidikan Anak di Era Digital".

Yang paling menarik, Kak Ela akan menjelaskan 4 alasan kenapa anak tidak dilarang menggunakan gadget.

Cuplikan percakapan

Kalau penasaran, simak cuplikan percakapan dari akun resmi Instagram TVRI Nasional yang diposting pada Rabu (15/4/2020) malam ini.

Kak Citra:
"Pernahkan Anda, ayah dan bunda ingin rileks pulang kerja kemudian memberikan gadget pada anak-anak satu-satu untuk lebih santai di rumah. Pernah?"

Ada seorang ayah bertanya:
"Jadi pas sampai di rumah tuh ketemu anak godaannya gede banget, maunya ngasih gadget aja ke anak. Biar saya santai gitu, kira-kira salah gak sih, Bu?"

Kak Ela:
"Jadi, soal bermain gadget, ingin cari waktu untuk diri sendiri itu bukan sesuatu yang mestinya kita pertentangkan dengan apa yang dibutuhkan anak".

Kak Citra:
"Kali ini, ada Kak Sogi dan Kak Ela yang akan memberikan 4 alasan kenapa anak tidak dilarang menggunakan gadget".

Kak Sogi:
"Nah, salah satu yang ada di benak kita, aku dan teman-teman ini benar nggak sih Bu bahwa si dunia digital ini memang negatif banget lah buat anak-anak kita".

"Kita jadinya ketakutan iya gitu, Benar nggak si, Bu?"

Kak Citra:
"Berapa lamakah waktu yang kita berikan kepada anak untuk berada di depan TV, atau di depan gadget".

Kak Ela:
"Kita semua senang sekali dapat instruksi, padahal sebetulnya jawaban yang tepat itu perlu diadaptasi sesuai dengan masing-masing keluarga".

"Dan tentunya kondisi sehari hari yang terjadi antara anak dengan kita".

Kak Citra:
"Program ini tentunya merupakan dukungan pemerintah terhadap masyarakat Indonesia untuk belajar di rumah. Jadi, tetap sehat-sehat ya..."

Jika Anda penasaran, maka saksikan program tayangan Belajar dari Rumah yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kerjasama dengan TVRI Nasional pada pukul 10.30-11.00 WIB. Kini bisa belajar di TVRI.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/16/061000271/4-alasan-anak-tidak-dilarang-main-gadget-ini-cuplikan-di-tvri-pukul-10.30

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.