Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unpad Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Lewat Jalur Mandiri, S1 dan D4 Pakai Nilai UTBK

KOMPAS.com - Universitas Padjajaran (Unpad) membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri dan prestasi Seleksi Masuk Universitas Padjajaran (SMUP) untuk tahun akademik 2020/2021. Penerimaan mahasiswa baru Unpad di luar jalur seleksi nasional (SNMPTN dan SBMPTN).

Dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Jalur seleksi ini akan dibuka untuk seluruh jenjang pendidikan dari mulai Sarjana hingga Doktoral. Untuk jenjang Sarjana, Unpad melakukan seleksi mahasiswa baru di luar jalur seleksi nasional yaitu jalur Mandiri, Internasional, dan Prestasi.

Untuk jenjang Sarjana Terapan, ditawarkan jalur mandiri dan jalur prestasi. Unpad akan menerima mahasiswa pada 62 Program Studi Sarjana, di mana 7 (tujuh) Program Studi di antaranya membuka kelas internasional, serta 14 Program Studi Sarjana Terapan.

Semua jalur masuk dapat diikuti oleh peserta seleksi pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Semua jalur untuk S1 pakai nilai UTBK. Jadi tak ada seleksi lagi untuk akademik seperti tahun lalu. Cukup ikut UTBK yang diselenggarakan LTMPT," kata Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Dandi Supriadi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 123/UN6.RKT/Kep/PP/2020, daya tampung untuk jenjang Sarjana di jalur di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN dapat maksimal 50 persen dari daya tampung mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021.

Daya tampung terbesar di jenjang Sarjana ini adalah Program Studi S1 Hukum. Berbeda dengan tahun lalu, seleksi masuk Unpad kali ini akan menggunakan hasil nilai UTBK yang pelaksanaannya dilakukan bersamaan secara nasional.

Khusus untuk Sarjana Jalur Internasional, akan ada kriteria penilaian tambahan yaitu kemampuan berbahasa Inggris yang ditentukan oleh nilai TOEFL, IELTS, atau hasil Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI).

Sementara untuk Sarjana dan Sarjana Terapan Jalur Prestasi, selain nilai UTBK, akan dilakukan pula penelurusan prestasi mahasiswa di bidang penunjang akademik melalui pertimbangan prestasi atau penghargaan yang dibuktikan dengan dokumen surat rekomendasi dari lembaga terkait dan juga bukti prestasi.

"Nilai UTBK menjadi komponen utama dalam seleksi S1 dan D4 jalur mandiri. Untuk jalur prestasi, nilai UTBK ditambah dengan pertimbangan prestasi dan penghargaan yang dapat dibuktikan," tambah Dandi.

Calon mahasiswa ditekankan memiliki hasil Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang dibuktikan dengan sertifikat TKA dari Unpad, Bappenas, Himpsi, atau sertifikat TKA/TPA yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Selain itu, calon mahasiswa juga harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris tertentu yang diukur dari hasil TOEFL, IELTS, atau TKBI. Penilaian kelulusan juga akan dipengaruhi oleh kinerja akademik di jenjang sebelumnya.

Mengantisipasi situasi terdampak penyebaran virus Corona saat ini, Unpad meminimalisir kontak fisik dalam prosedur seleksi mandiri ini.

Seluruh prosedur pendaftaran dan seleksi akan menggunakan sistem dalam jaringan (daring), kecuali untuk UTBK yang akan menggunakan pola ujian yang ditentukan oleh LTMPT pusat.

Informasi lengkap mengenai Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran ini dapat diakses di laman smup.unpad.ac.id.

Plus persyaratan tambahan untuk beberapa program tertentu, seperti bahasa dan keahlian tertentu. Untuk prestasi, ditambah dengan dukungan bukti prestasi yang pernah dicapai.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/22/163401671/unpad-buka-penerimaan-mahasiswa-baru-lewat-jalur-mandiri-s1-dan-d4-pakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke