Salin Artikel

Anak-anak, Yuk Belajar Mengenal 4 Jenis Tanaman

KOMPAS.com - Bagi anak-anak PAUD/TK dan siswa sekolah yang kini sedang mengikuti pembelajaran jarak jauh, maka harus belajar dengan rajin.

Selain mendapat tugas atau materi dari guru, anak-anak juga bisa mencari bahan pelajaran dari luar. Salah satunya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Karena itu, orangtua harus mendampingi anak dalam belajar. Berikut ini disampaikan materi yang dirangkum dari laman Sahabat Keluarga Kemdikbud RI.

Untuk materinya ialah mengenal tanaman. Tetapi, materi ini tidak dikhususkan untuk pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak saja, namun materi ini lebih menyeluruh meliputi PAUD, TK, SD, SMP, sampai SMA.

Bahkan pada usia tak terbatas. Sebab, interaksi manusia dengan tanaman adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Pengenalan sejak dini tentang nama-nama tanaman fungsi dan manfaat tanaman sangat penting diajarkan dan di kolaborasikan dalam praktek materi pelajaran.

Tanaman selain menjadi ladang sumber oksigen murni juga memiliki banyak manfaat yang sangat banyak bagi manusia.

1. Tanaman hias

Nilai estetika tanaman dan bunga juga penting diajarkan kepada usia dini. Yakni tentang bagaimana proses pembibitan, pengenalan hama dan penyakit pada tanaman, untuk kemudian diteruskan kepada budidaya tanaman bahkan penjualan tanaman yang tentu akan bernilai komersil.

Penting juga diajarkan bagaimana mengenal karakter tanaman serta cara budidaya yang baik dan benar agar pengenalan terhadap tanaman tidak sekedar teori pembelajaran saja.

Tetapi lebih kepada praktek nyata yang terlibat lebih jauh dalam aktivitas. Sebaiknya setiap sekolah menyediakan halaman khusus untuk membuat taman praktek sekolah, sebagai pengenalan lebih dekat dan nyata tentang tanaman.

2. Tanaman yang berbahaya

Tanaman selain memiliki banyak manfaat dengan karakter keindahannya, tanaman juga memiliki sifat dan kandungan berbahaya bagi manusia seperti pada tanaman pohon bintaro.

Pada buah pohon bintaro yang memiliki bentuk menyerupai apel ini ternyata memiliki zat beracun pada getahnya. Ini tentu berbahaya bagi manusia.

3. Tanaman obat

Tanaman obat lebih familiar dengan tanaman Toga. Tanaman obat ini memiliki kandungan yang berkhasiat meredakan penyakit hingga menyembuhkannya secara alami.

Jenis pengobatan menggunakan media tanaman sudah digunakan oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu. Sebelum adanya pengolahan obat seperti kimia farmasi, tanaman jenis obat ini masih banyak diminati masyarakat.

4. Tanaman untuk kesehatan

Tanaman untuk kesehatan ini hampir memiliki sifat dan khasiat yang sama dengan tanaman obat, tanaman kesehatan memiliki banyak manfaat seperti:

  • Tanaman sayuran yang biasa dikonsumsi sehari-hari
  • Tanaman sebagai terapi dan pengobatan

Banyaknya tanaman itu memiliki manfaat dan kegunaan sangak baik diajarkan kepada anak-anak usia dini. Materi praktik edukasi secara nyata ini bisa lebih dipahami anak-anak lebih cermat dan akan menimbulkan histori yang lebih dalam lagi.

Dan seiring dengan masa usia perkembangan anak, pengenalan dasar ini akan mampu diteruskan menjadi lebih kegiatan yang produktif.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/27/170229671/anak-anak-yuk-belajar-mengenal-4-jenis-tanaman

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.