Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sekolah Semesta, Bangun Kenangan Indah dan Optimisme lewat "Virtual Graduation"

KOMPAS.com – Masa pandemi Covid-19 tidak mengurangi sekolah, siswa dan orangtua untuk merayakan kegembiraan dalam pengumuman kelulusan tingkat SMA yang telah diumumkan serentak bertepatan Hari Pendidikan Nasional, Hardiknas 2020 (2/5/2020).

Perayaan kegembiraan ini salah satunya juga dilaksanakan Sekolah Semesta, salah satu sekolah unggulan berasrama di Semarang, Jawa Tengah yang menggelar virtual graduation atau wisuda daring siswa.

Acara “Virtual Graduation” ini menjadi alternatif acara perpisahan sekolah di tengah pandemi virus Corona.

Wisuda virtual diadakan menggunakan aplikasi Zoom dan Youtube streaming yang diikuti 200 tamu undangan, murid dan wali murid kelas 9 dan 12 SMP-SMA Semesta.

Jumlah total murid diwisuda dari Sekolah Semesta Semarang untuk tingkat SMP dan SMA sebanyak 111 siswa.

Selalu jadi "rumah" bagi siswa

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama, dilanjutkan sambutan dari berbagai pihak, kemudian menampilkan video hasil karya siswa dan prosesi wisuda yang  dilakukan secara daring.

Gunawan Saptogiri, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang memberikan video sambutan pada acara ini. General Manager Sekolah Semesta, Iskandar Mulia pada pembukaan virtual graduation juga memberikan selamat atas kelulusan para siswa tahun ajaran 2019/2020.

"Kami merasa bangga atas pencapaian dan prestasi anak-anak kelas 9 dan 12 yang telah sukses menjalankan studinya dan telah menyelesaikan sebagian dari perjalanan hidup dengan pencapaian besar dan kenangan yang indah," ujar Gunawan.

Ia menambahkan, "Walaupun telah resmi lulus, Sekolah Semesta akan tetap menjadi rumah dan selalu terbuka untuk semuanya."

Dari pihak wali murid, SISKS Pakoe Boewono XIII dan Kanjeng Ratu Pakoe Boewono (Keraton Kasunanan Surakarta) dalam pesan singkatnya mengucapkan terima kasih kepada segenap guru dan civitas sekolah Semesta karena telah membimbing dan mendidik selama 6 tahun dengan tulus dan ikhlas.

Mereka berharap acara ini bukanlah perpisahan sebenarnya dan silaturahmi yang baik akan dapat terus berjalan.

Sekolah Semesta yang memiliki jenjang pendidikan PG hingga SMA ini baru kali ini melakukan wisuda secara online.

Sekolah yang juga baru membuka cabang SMP Semesta non-boarding di kawasan Candi Golf Semarang ini biasanya menggelar wisuda di hotel, namun karena wabah Covid-19 dan mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak membuat kerumunan massa.

Di sisi lain, Sekolah Semesta berusaha agar tetap bisa melepas siswa siswinya dengan berkesan.

Dalam acara tersebut, para siswa juga memberikan sumbangsih berupa video kenangan selama mereka belajar di sekolah yang menggunakan Cambridge ini.

Pada acara, nampak beberapa peserta termasuk para guru dan orangtua tidak kuasa menahan tangis karena terharu, karena tidak bisa melakukan perpisahan kelulusan seperti biasanya.

Aniqi, perwakilan siswa kelas 12 menyampaikan kesannya saat virtual graduation. "Adanya virtual graduation ini cukup menghangatkan hati, karena diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama dan menjalin silaturahmi walau terpisah jarak dan tempat," kesan Aniqi.

Aniqi menambahkan, "Acara ini adalah suatu hal yang patut disyukuri oleh semuanya dan mewakili teman-teman lainnya kami menyampaikan rasa terima kasih dan rasa bangga karena Sekolah Semesta memiliki berbagai cara untuk bisa memberikan yang terbaik bagi seluruh siswa-siswinya."

Virtual Graduation juga memberikan kesan mendalam bagi para guru. Salah satunya Vera Anggita Sari, wali kelas kelas 12.

"Virtual graduation ini merupakan hadiah terindah bagi semua pihak, tiga tahun kebersamaan akhirnya dapat ditutup dengan perpisahan yang sangat berkesan melalui virtual graduation," ujar Vera.

Sekolah Semesta berharap semoga acara ini bisa dijadikan sebagai kenangan indah dan optimisme dalam menghadapi wabah.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/05/03/155618771/sekolah-semesta-bangun-kenangan-indah-dan-optimisme-lewat-virtual-graduation

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke