Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hadirkan Magang Online bagi Mahasiswa, JSI Filkom UB Gandeng Industri

KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 membuat sejumlah mahasiswa kini sulit memenuhi target magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Selain terbatasnya aktivitas di luar rumah, beberapa perusahaan lokal tanah air kini terpaksa merumahkan pekerjanya atau bahkan memutuskan untuk tutup dan tidak beroperasi lagi. Sehingga tawaran magang pun menjadi sedikit.

Untuk membantu memberikan solusi atas permasalahan ini, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (JSI Filkom UB) melakukan inisiatif kerja sama dengan industri kreatif dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Malang untuk mengadakan PKL daring (online).

Ketua JSI Filkom UB Eng Herman Tolle mengatakan, langkah ini merupakan tindak lanjut dari diskusi JSI Filkom UB dengan Wakil Rumah Pengusaha Malang Raya (RPMR) dan Dinas Perindustrian Kota Malang, pada 18 April 2020 lalu di Radio Malang City Guide.

Kerja sama dilakukan dalam bentuk pemberian akses bebas biaya untuk memasang lowongan kebutuhan tenaga PKL daring di portal daring JSI Filkom UB.

"Untuk lowongan internal diperuntukkan khusus bagi mahasiswa JSI. Tapi untuk lowongan dari perusahaan eksternal bisa seluruh mahasiswa Filkom baik JSI maupun Jurusan Teknik Informatika," kata Herman seperti dilansir dari laman UB, Senin (11/5/2020).

Diharapkan, adanya mahasiswa yang direkrut oleh UKM atau industri kreatif dapat membantu efisiensi pemenuhan kebutuhan perusahaan akan keterampilan yang berhubungan dengan Teknologi Informasi (TI) maupun pemasaran.

Sementara itu, dari pihak universitas juga diuntungkan karena membantu mahasiswa yang kesulitan mendapatkan tempat magang yang memberlakukan sistem daring.

Jenis pekerjaan yang bisa ditawarkan PKL daring antara lain pengembangan aplikasi (mobile/web), perancangan UI/UX, manajemen dan analisis data, digital marketing dan content creator.

Bagi mahasiswa Filkom UB yang kelompoknya belum mendapat tempat PKL daring dapat mendaftarkan kelompoknya untuk dibantu mencari tempat PKL dengan mengisi form pengajuan di https://bit.ly/JSI-kelompokPKL.

Bagi industri kreatif maupun UKM yang membutuhkan bantuan tenaga mahasiswa dan berminat untuk membuka lowongan PKL daring bisa langsung mengisi formulir secara daring melalui https://bit.ly/JSIUB-daftarPKL.

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 20 perusahaan yang meng-input kebutuhan mahasiswa PKL di portal daring JSI Filkom UB.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/05/12/095845071/hadirkan-magang-online-bagi-mahasiswa-jsi-filkom-ub-gandeng-industri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke